Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Peralatan Elektronik yang Harus Dibersihkan Secara Berkala

Kompas.com - 21/04/2021, 04:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber NBC News

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri peralatan elektronik di rumah dapat sangat membantu pekerjaan rumah sehari-hari. Tak hanya itu, dengan adanya peralatan elektronik, Anda juga dapat menghemat waktu dan tenaga dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

Namun, pemakaian dengan waktu yang lama atau setiap hari, membuat alat elektronik ini harus dibersihkan secara teratur untuk menjaga tetap bersih dan bekerja secara efesien.

Dilansir dari NBC News, Rabu (21/4/2021), berikut beberapa alat elektronik yang harus dibersihkan secara berkala.

Baca juga: 8 Tips Membuat Alat Elektronik Rumah Tangga Tetap Awet

1. Mesin cuci

Penelitian telah menunjukkan bahwa kuman seperti E. coli dan bakteri usus lainnya, dan beberapa virus (termasuk rotavirus, norovirus, dan hepatitis A) dapat bertahan hidup di mesin cuci terutama jika pemutih atau germisida tidak digunakan bersama pencucian.

Untuk mencegah bakteri jahat seperti itu, direkomendasikan menjalankan siklus kosong hanya dengan air dan secangkir pemutih setiap minggu, atau dua mingguan, tergantung pada seberapa sering Anda menggunakan mesin.

Mesin cuci yang lebih baru memiliki siklus pembasmi kuman, yang juga efektif.

2. Pengering

Umumnya, pengering memberikan panas tinggi tetapi mungkin tidak cukup panas untuk membunuh kuman yang menempel di pakaian Anda. Semakin bersih mesin cuci, semakin sedikit bakteri yang ditularkan ke pengering Anda.

Beberapa pengering baru memiliki siklus pembasmi kuman, yang sebaiknya dijalankan setiap minggu untuk menjaganya tetap bersih.

Baca juga: 3 Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci Secara Berkala

3. Humidifier

Perangkat ini dapat menampung bakteri Legionella yang terbawa air (seperti dalam penyakit Legionnaire), yang dapat hadir dalam air minum.

Tidak seperti kebanyakan bakteri, mereka dapat bertahan hidup di air keran biasa selama 140 hari hingga satu tahun dan bahkan dapat bertahan di air panas pada suhu 65,5 derajat Celsius. Agar humidifier Anda tetap bersih, gunakan sikat dan larutan pemutih sabun untuk menggosoknya dengan lembut seminggu sekali.

4. Pendingin udara (AC

AC bagus dalam mengendalikan partikulat di udara seperti tungau debu dan spora jamur serta berbagai alergen dan partikel lainnya. Selain pendinginan, penghilangan atau pengurangan alergen adalah tugas utama sistem AC.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber NBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com