Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Dapat THR? Gunakan untuk Beli Rumah di Lokasi Prospektif

Kompas.com - 15/04/2021, 20:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah mewajibkan semua perusahaan swasta membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja mereka secara penuh pada hari raya Idul Fitri tahun ini.

Marine Novita, Country Manager Rumah.com mengatakan, bagi para pekerja yang akan mendapatkan THR sebaiknya sudah merencanakan untuk menggunakannya secara bijak.

Selain membelanjakan untuk kebutuhan primer menjelang Lebaran, THR juga bisa digunakan secara bijak untuk hal lain yang bermanfaat dalam jangka panjang seperti menambah tabungan dan investasi, dana darurat ataupun juga bisa untuk membeli rumah misalnya.

Baca juga: Ada DP 0 Persen, Saatnya Segera Membeli Rumah?

"Apalagi menurut studi Rumah.com, saat ini adalah kondisi termudah untuk membeli rumah," jelas Marine dalam keterangan tertulis, Kamis (15/4/2021).

Dengan besaran yang bisa mencapai sebesar satu bulan gaji penuh tersebut maka THR sangat potensial dialokasikan sebagai dana tambahan untuk uang muka pembelian rumah.

Namun sebelum mengalokasikan THR untuk dana tambahan membayar Down Payment (DP) rumah, sebaiknya sudah mengetahui pengeluaran riil tahunan dahulu. Sehingga, THR bisa digunakan untuk membantu membayar DP rumah asalkan sudah dikurangi dari kebutuhan pengeluaran riil tahunan.

Menyisihkan THR sebagai pembayaran DP rumah adalah langkah yang tepat dan bijak karena memprioritaskan penggunaan uang untuk hal yang merupakan kebutuhan bukan sekedar keinginan.

Baca juga: Survei: Suku Bunga KPR Jadi Pertimbangan Utama dalam Membeli Rumah

Apalagi harga rumah maupun hunian lainnya secara umum selalu naik setiap tahunnya dimana kenaikan harganya lebih tinggi dari inflasi.

Agar bisa menyisihkan dana THR yang diterima setahun sekali sebagai DP untuk membeli rumah impian, pekerja bisa membuat simulasi perhitungan. Contohnya, dari 100 persen dana THR, 30 persen bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan dan membiayai pengeluaran bulanan.

Kemudian 30 persen dana THR lainnya dapat digunakan untuk keperluan menyambut lebaran. Sehingga sisa 40 persen dari dana THR dapat disimpan untuk mengumpulkan DP rumah.

Namun jika jumlah THR-nya terbatas dan ingin mewujudkan rencana membeli rumah, maka rayakan Lebaran dengan sehemat mungkin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com