Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ini Cara Memilih Karpet untuk Kamar Bayi

Kompas.com - 07/04/2021, 17:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mendekorasi, memilih furnitur dan elemen dekorasi lainnya untuk kamar bayi sangatlah penting.

Dalam pemilihan furnitur dan elemen dekorasi lainnya tidak boleh sembarangan, karena tak hanya estetika namun menyangkut kesehatan bayi itu. Salah satunya saat memilih karpet untuk di kamar bayi.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (7/4/2021), karpet yang sempurna dapat melembutkan langkah kaki Anda sehingga tidak akan membangunkan bayi saat berjalan. Ukuran, desain, dan bahan adalah faktor penting yang harus difokuskan saat memilih karpet tersebut.

Baca juga: 6 Kesalahan Mendekorasi Kamar Bayi yang Memengaruhi Kesehatan

Ukuran

Ukuran yang Anda perlukan untuk kamar bayi akan bergantung pada jenis karpet yang Anda minati. Dalam hal ini, karpet dalam kamar bayi harus cukup besar untuk menambatkan furnitur utama atau cukup kecil untuk diletakkan secara terpisah.

Jika kamar tidur bayi beralaskan lantai kayu keras, yang terbaik adalah memilih karpet yang lebih besar. Hal ini untuk memastikan bahwa kaki depan tempat tidur bayi Anda dan furnitur besar lainnya dapat diletakkan di atas karpet, setidaknya beberapa cm di atasnya.

Bagaimana cara meletakkannya? Pilih karpet yang dapat mengisi ruang kosong di kamar si kecil dan sisakan beberapa cm di antara tepi karpet dan furnitur.

Selain itu, Anda juga dapat karpet yang memiliki ukuran lebih kecil untuk diletakkan di area tertentu seperti tempat tidur bayi atau sudut bermain yang nyaman.

Baca juga: Ide Dekorasi Kamar Bayi, Warna Dinding hingga Furnitur

Sebenarnya, penempatan akan bergantung pada item yang ada di dalam ruangan. Jika Anda mencoba menarik fokus ke satu benda besar, seperti tempat tidur bayi, pusatkan karpet pada bagian itu, sehingga bagian depan karpet bisa tumpang tindih.

Jika Anda mencoba untuk mengatur area tertentu, kelompokkan potongan-potongan yang diperlukan langsung di karpet.

Seimbangkan Elemen Desain Ruangan

Sebelum memilih karpet untuk kamar bayi, tanyakan pada diri Anda apa yang kurang dari desain Anda. Sudahkah Anda menggunakan cukup banyak elemen berwarna atau berpola?

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com