Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Meletakkan Sofa agar Ruangan Lebih Seimbang

Kompas.com - 07/04/2021, 08:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa adalah bagian terbesar di ruang tamu mana pun, jadi itu hal pertama yang perlu ditempatkan. Meskipun terlihat mudah, namun meletakkan sofa di dalam ruang tamu tidak semudah itu karena jika salah meletakkan sofa akan membuat ruang tamu terlihat kecil atau penuh.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (7/4/2021), sebagai aturan umum, sofa harus menghadap titik fokus, tetapi jika tidak ada titik fokus alami, apa yang Anda lakukan?

Berikut beberapa tips penempatan sofa di dalam ruang tamu.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Umum Saat Membeli Sofa

Pertimbangkan Keseimbangan

Setiap kali Anda menata furnitur, Anda harus memikirkan keseimbangan. Ketika terlalu banyak benda yang secara visual berat berada di satu sisi ruangan, seluruh ruangan terlihat tidak seimbang.

Karena sofa cenderung berskala besar, mereka mengambil sedikit ruang visual, dan mereka membutuhkan sesuatu dengan bobot yang sama di seberangnya untuk menyeimbangkan ruangan. Inilah mengapa Anda sering melihat dua kursi diletakkan di seberang sofa.

Bersama-sama kursi menyeimbangkan berat sofa.

Pertimbangkan Pola Lalu Lintas

Sofa berukuran besar, jadi penempatannya dapat berdampak besar pada arus lalu lintas di dalam ruangan.

Baca juga: 6 Pertanda Kamu Harus Segera Mengganti Sofa

Orang tidak perlu melangkah dengan canggung di sekitar barang untuk melewati sebuah ruangan. Juga tidak boleh ada bahaya tersandung.

Penting untuk memastikan bahwa ada jarak beberapa cm antara meja kopi dan sofa, dan antara sofa dan kursi manapun. Ciptakan jalur yang jelas sehingga orang dapat berjalan dari satu ujung ruangan ke ujung lainnya tanpa kesulitan.

Ruang Bernapas

Ada kecenderungan umum untuk ingin mendorong sofa ke dinding. Di beberapa ruang tamu, hal ini diperlukan karena batasan ukuran, namun, pada sebagian besar kasus, sofa diberikan jarak ke dinding. Hal ini untuk memberikan ruang bernapas sehingga terlihat ruangan lebih besar.

Berikut beberapa penempatan sofa yang dapat diaplikasikan di dalam ruang tamu:

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com