Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mendekorasi Ruangan dengan Karpet? Ini yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 05/04/2021, 07:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendekorasi ruangan biasanya kita menggunakan berbagai warna sebagai sarana untuk meningkatkan estetika secara keseluruhan. Dengan cara ini, Anda tidak hanya mendekorasi tetapi juga menciptakan suasana yang positif di dalam ruangan.

Dilansir dari Decortips, Senin (5/3/2021), salah satu pengaplikasian warna pada ruangan adalah dengan menggunakan elemen dekoratif di lantai seperti karpet.

Meskipun karpet merupakan elemen dekoratif sekunder, namun karpet masih dapat memiliki banyak kontribusi dalam membuat ruangan lebih cerah.

Baca juga: Alasan Karpet Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

Berbagai warna

Ketika berbicara tentang karpet warna-warni, berbagai jenis muncul di benak, dari yang memiliki pola tertentu dengan tema tertentu hingga yang terdiri dari bentuk geometris dan pola teratur.

Pada dasarnya, jenis karpet ini adalah cara untuk menambah daya tarik pada sesuatu yang umumnya luput dari perhatian karena warnanya yang polos.

Namun, yang Anda harus membuat pilihan yang sesuai dengan kebutuhan serta dapat dipadukan dengan elemen dekoratif lainnya yang ada di ruangan tersebut.

Selain itu, dalam pemilihan karpet harus disesuaikan dengan tempat yang akan menjadi tempatnya. Misalnya di dalam kamar anak-anak biasanya karpet dengan kontras warna yang cerah bisa menjadi pilihan.

 

Baca juga: Ingin Membeli Karpet Secara Online? Ini Panduannya

Kemudian, karpet dengan desain linier yang terdiri dari garis-garis lurus atau melengkung dapat diletakkan di ruang tamu atau keluarga.

Ukuran

Selain warna, ukuran pun harus diperhatikan dalam memilih karpet, ada beberapa karpet dengan ukuran lebar dan ini adalah cara yang baik untuk menutupi lantai. Sedangkan ada beberapa karpet yang menawarkan ukuran lebih kecil atau memiliki berbagai bentuk.

Karpet yang memiliki berbagai bentuk seperti bulat atau persegi panjang dapat diletakkan di ruang tamu atau bahkan kamar tidur.

Terakhir, penting untuk diperhatikan bahwa sebelum memilih karpet, Anda harus mempertimbangkan dekorasi di sekitarnya.

Ini adalah satu-satunya cara untuk mencapai kombinasi yang cocok, dengan kontras yang harmonis dan menyenangkan. Pastikan Anda mencari opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Decortips
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com