Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Menyiram Tanaman di Pagi Hari Paling Baik?

Kompas.com - 02/04/2021, 07:22 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyiraman memang menjadi salah satu faktor agar tanaman tumbuh dengan subur, namun Anda harus memerhatikan waktu penyiraman yang paling tepat.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (2/4/2021), menyiram tanaman pada tengah hari atau siang hari tidak efisien karena sinar matahari dan panas menyebabkan air menguap sebelum tanaman dapat menyerapnya, sehingga menyiram tanaman di pagi hari adalah cara terbaik.

Namun, bagaimana penyiraman pada malam hari?

Baca juga: Berapa Kali Harus Menyiram Tanaman Saat Cuaca Panas? Ini Panduannya

Penyiraman Pagi Terbaik

Penyiraman pada pagi hari memiliki beberapa keunggulan. Angin cenderung lebih tenang, jadi semprotan sprinkler tidak melayang, dan suhu rendah berarti Anda kehilangan lebih sedikit dari penguapan.

Penyiraman tanaman di pagi hari memberi tanaman kelembapan untuk pertumbuhan yang kuat di siang hari dan mencegah tekanan panas.

Sebaliknya, penyiraman malam hari harus mengatasi sisa panas tanah dari siang hari, tetapi angin mungkin akan mereda, memungkinkan alat penyiram untuk menyemprot di tempat yang seharusnya.

Penyakit

Jika tanaman Anda rentan terhadap serangan jamur dan bakteri, sebaiknya hindari penyiraman malam hari. Penyakit bercak daun jamur dan bakteri menyebabkan kerusakan signifikan pada dedaunan.

Baca juga: 4 Kesalahan Menyiram yang Bikin Tanaman Layu

Salah satu penyebab utama penyakit ini adalah genangan air pada daun. Air cenderung tidak menguap dari daun di malam hari karena suhu yang lebih rendah.

Akibatnya, tanaman tetap basah dan patogen dapat menyerang tanaman yang mengalami stres.

University of Massachusetts Amherst menyatakan bahwa tanaman sehat tanpa riwayat penyakit jamur atau bakteri dapat disiram dengan aman di malam hari. Tanaman yang terawat baik secara alami akan melawan penyakit.

Penyerapan Air yang Efisien

Meski lebih sedikit air yang menguap di pagi hari, matahari terbit masih menyebabkan sebagian uap air hilang ke atmosfer. Penyiraman malam memberikan rata-rata 8 jam kegelapan ketika tanaman memiliki cukup waktu untuk menyerap kelembaban dari tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com