Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Alasan Mengapa Setrika Uap Lebih Baik Daripada Setrika Biasa

Kompas.com - 01/04/2021, 13:07 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat akan berangkat ke kantor atau acara penting lainnya kamu tentu ingin mengenakan pakaian yang licin dan bebas kusut. Untuk itu, dibutuhkan setrika yang tepat agar pakaian menjadi rapi dan tidak kusut saat digunakan.

Di pasaran ada beberapa jenis setrika yang ditawarkan. Dua di antaranya adalah setrika datar atau flat iron yang biasa digunakan sebagian besar rumah tangga Indonesia dan setrika uap yang biasanya banyak digunakan pada butik dan penatu.

Kedua setrika menjanjikan hasil yang sama yakni pakaian yang bebas kusut. Akan tetapi, ada hal lain yang tidak bisa dilakukan oleh setrika biasa, namun bisa diselesaikan dengan mudah oleh setrika uap.

Baca juga: Tips Membersihkan Noda pada Setrika

Berikut adalah tujuh alasan mengapa setrika uap lebih baik daripada setrika biasa menurut Melissa Maker, ahli kebersihan dan pendiri Clean My Space, seperti dilansir dari Apartment Therapy, Kamis (1/4/2021).

1. Tak mudah merusak pakaian

Jika kamu pernah secara tidak sengaja membuat pakaian lubang, hangus hingga terbakar karena setrika biasa. Untuk itu kamu harus estra hati-hati dan harus mengatur suhu yang tepat sesuai dengan jenis kain saat akan menggunakan setrika biasa.

“Saat menggunakan setrika, Anda harus lebih berhati-hati karena harus menyetelnya ke suhu yang benar berdasarkan label perawatan pakaian Anda. Anda harus mengemasnya dengan benar untuk pakaian tertentu, dan menurunkannya untuk pakaian lain," jelas Maker.

Nah, jika kamu menggunakan setrika uap atau steamer, hal ini tidak perlu kamu lakukan. Setrika uap tidak mungkin merusak pakaian, karena tidak ada logam panas yang bersentuhan langsung dengan pakaian.

Baca juga: Catat, Ini Panduan Membersihkan Setrika Uap

2. Tidak membutuhkan teknik

Menyetrika itu seperti seni, kata Maker. Untuk melakukannya secara efektif, kamu perlu menguasai teknik menggerakkan pakaian di sekitar papan dan cara menekan bagian tertentu.

Jika kamu mencari metode menghilangkan kerutan yang mudah dan cepat, setrika uap mungkin lebih cocok untukmu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com