Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Buah Alpukat dari Bijinya

Kompas.com - Diperbarui 28/08/2021, 13:01 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tanaman hias, kegiatan berkebun di rumah juga bisa kamu lakukan dengan menanam tanaman buah, salah satunya adalah alpukat.

Alpukat adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, karena kandungannya sangat baik untuk jantung, mata, tulang, hingga mengurangi risiko kanker dan masih banyak lagi.

Buah satu ini juga memiliki rasanya yang memanjakan lidah dan terasa sangat legit, serta begitu nikmat ketika dijadikan sebagai jus.

Baca juga: Buah Cabai Rontok dan Busuk? Lalat Buah Bisa Jadi Penyebabnya

Apabila kamu menanam alpukat di rumahmu, maka hal inu tentu membuatmu jadi lebih hemat sekaligus mendapatkan buah yang lebih segar karena langsung dipetik dari pohonnya.

Bagi kamu yang berkeinginan menanam alpukat di rumah, kamu bisa menanamnya hanya dari bijinya, seperti dikutip dari kanal Youtube Salim MAW, Kamis (1/4/2021).

Bahan dan peralatan yang dibutuhkan:

  • Buah alpukat utuh
  • Air secukupnya
  • Gelas
  • 3 batang tusuk gigi
  • Pisau
  • Tisu

Cara menanam alpukat dari bijinya

1. Langkah awal untuk menanam alpukat dari bijinya adalah dengan memotong buah alpukat utuh untuk mendapatkan biji alpukat di dalamnya.

Dalam proses memotong buah alpukat, kamu harus berhati-hati agar tidak melukai atau membuat biji alpukat ikut terpotong. Setelah terpotong, ambil biji alpukat.

Baca juga: 5 Cara Menanam Buah Naga di Dalam Pot

2. Setelah mendapatkannya, biji alpukat biasanya masih memiliki lapisan kulit luar. Kamu perlu membersihkan lapisan kulit luarnya sehingga hanya menyisakan biji alpukat utuh tanpa lapisan kulit.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com