Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2021, 18:51 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Begitu banyaknya tanaman hias yang ada saat ini mungkin telah membuatmu kesulitan dalam menentukan jenis atau namanya, apalagi tanaman hias tersebut memiliki bentuk daun yang sangat mirip satu sama lain.

Dan, salah satu tanaman hias yang kerap tertukar sebutannya oleh orang-orang adalah antara sirih gading (pothos) dengan philodendron merambat.

Untuk menjauhkanmu dari kekeliruan, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan sirih gading dengan philodendron merambat, yang dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (27/3/2021).

Baca juga: Sirih Gading dan Philodendron Tampak Mirip, Apa Bedanya?

Pothos dan varietas philodendron merambat bisa dibilang adalah beberapa tanaman hias paling populer, dan ironisnya mereka sering disalahartikan satu sama lain.

Meskipun kedua tanaman tersebut terlihat mirip dan memiliki banyak persyaratan dan kebiasaan pertumbuhan yang sama, baik sirih gading dan philodendron merambat adalah tanaman yang berbeda dengan karakteristik dan kebutuhan yang berbeda.

Begitu kamu tahu apa yang harus dicari, sirih gading dan philodendron cukup mudah dibedakan satu sama lain.

Perbedaan antara sirih gading dan philodendron

Ada banyak perbedaan utama antara sirih gading atau photos (juga biasa disebut Devils Ivy) dan philodendron merambat yang dapat membantu membedakannya.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Unik, Philodendron Pink Hingga Kaktus Susu

Ini termasuk taksonomi, bentuk dan tekstur daunnya, akar udara dan tangkai daunnya, kebiasaan tumbuh dan daun baru mereka, serta kebutuhan tumbuh mereka.

Taksonomi

Taksonomi adalah cabang ilmu yang berkaitan dengan pengklasifikasian kelompok organisme biologis dan bagaimana tumbuhan diberi nama dan diatur ke dalam marga dan keluarga.

Pada dasarnya ini berkaitan dengan nomenklatur botani. Sirih gading dan philodendron adalah 2 tanaman terpisah dan berbeda yang termasuk dalam genera terpisah.

Pothos termasuk dalam genus Epipremnum dan philodendron milik genus Philodendron. Namun, mereka ada di bawah keluarga yang sama karena sirih gading dan philodendron termasuk dalam keluarga tumbuhan aroid (Araceae).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com