Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Trik Sederhana untuk Menjaga Rumah Tetap Rapi dan Bersih

Kompas.com - 24/03/2021, 12:10 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin sebagian orang tidak ada yang mau mendedikasikan libur akhir pekannya yang berharga untuk membersihkan rumah dari atas ke bawah.

Tapi, rumah yang berantakan, kotor dan tidak teratur pasti membuat siapa pun kesal dan tak akan pernah merasa nyaman, baik itu tumpukan pakaian kotor di tempat tidur, debu yang menempel di rak, atau piring kotor di wastafel.

Hal-hal ini dapat membuat siapa pun gelisah dan mengganggu kebutuhan mereka untuk menghabiskan akhir pekan yang tenang dan santai.

 Baca juga: 8 Cara Membersihkan Rumah yang Salah, Justru Bikin Kotor

Nah, untuk mempermudah hidupmu, ada beberapa cara cerdas dan sistematis agar rumahmu selalu bersih dan rapi, dilansir dari beberapa sumber, Rabu (24/3/2021).

Menerapkan kebiasaan mudah ini dalam rutinitas harianmu dapat membantumu menjaga rumah tetap rapi dan menghindari pembersihan yang kacau di saat-saat terakhir.

1. Membersihkan debu setiap hari

Daripada membersihkan debu setiap 10 hari atau lebih, dan kemudian membuatmu alergi karena kontak dengan debu lama, biasakan membersihkan debu setiap hari.

Menyingkirkan debu setiap hari bukan pekerjaan yang melelahkan, karena cara membersihkannya lebih mudah ketimbang kamu membersihkannya setiap 10 hari atau lebih karena debu sudah menumpuk.

Baca juga: 10 Cara Bikin Momen Membersihkan Rumah Jadi Menyenangkan

2. Bersihkan setiap hari

Hanya ada begitu banyak hal yang tidak pada tempatnya dalam sehari. Jelas lebih mudah untuk membereskan beberapa barang daripada membersihkan rumah yang sangat berantakan sekaligus.

3. Rapikan tempat tidur

Langkah pertama dan terbaik saat membersihkan kamar tidur adalah merapikan tempat tidur. Dan langkah pertama, terbaik untuk hidup tanpa kekacauan adalah melakukannya di pagi hari.

Merapikan tempat tidurmu setiap hari setelah bangun tidur tidak hanya akan membuat kamarmu terlihat rapi, tetapi kamu juga akan berharap untuk kembali ke rumah setelah hari yang melelahkan dan jatuh bangun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com