Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Hias Gantung Harus Lebih Sering Disiram? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 22/03/2021, 17:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias gantung merupakan salah satu kelompok tanaman hias yang dapat menambahkan keindahan vertikal di dalam maupun luar ruangan.

Namun, hal yang harus diketahui sebelum merawat tanaman jenis ini adalah mereka lebih membutuhkan air dan nutrisi ekstra dibanding dengan tanaman di dalam tanah atau diletakkan di lantai.

Dilansir dari Gardening Know How, Senin (22/3/2021), hal ini terjadi karena udara sekitar tanaman gantung dapat mengeringkan wadah dengan cepat.

Baca juga: Panduan Merawat Tanaman Gantung di Dalam Rumah

Selain itu, penyiraman tanaman gantung ini menentukan kesuburannya, karena berbeda dengan tanaman yang ada di dalam tanah, tanaman gantung tidak mengandung kelembapan dan banyak air.

Lantas, seberapa sering harus disiram? Frekuensi Anda menyiram tanaman ini tergantung pada berapa banyak tanaman yang berada di dalam pot.

Penanaman yang sangat padat membutuhkan lebih banyak kelembaban daripada yang memiliki penanaman jarang. Selain itu, tanaman gantung yang berada di bawah sinar matahari penuh akan cepat kering dan membutuhkan irigasi tambahan yang sering.

Tanaman toleran kekeringan, herbal, dan beberapa sukulen dapat mentolerir tanah kering untuk jangka waktu yang lebih lama daripada tanaman seperti petunia gantung, tomat atau tanaman berbuah lainnya.

Baca juga: 7 Tanaman Bunga Gantung yang Tahan Panas

Semua kondisi ini mempengaruhi kebutuhan air tanaman gantung dan harus dipertimbangkan. Salah satu cara untuk menentukan kapan harus menyiram keranjang gantung adalah dengan "uji sentuh." Jika tanah menjadi kering jika disentuh 2 inci (5 cm) ke dalam tanah, mungkin sudah waktunya untuk menyiram.

Penyiraman

Untuk penyiraman tanaman gantung ini memiliki metode yang berbeda-beda, tetapi seringkali cukup menggunakan tongkat air bergagang panjang yang baik.

Perendaman yang lembut akan memungkinkan air menembus dan memperluas kapiler tanah, menjaga kelembaban lebih lama sehingga akar tanaman dapat menyerap air.

Sekali lagi, tanaman yang padat atau menyukai air yang berat mungkin perlu disiram setiap hari di musim panas, karena tidak ada cukup ruang untuk menyimpan kelembaban. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com