Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Trik Membuat Ruang Kerja di Rumah Lebih Nyaman

Kompas.com - 22/03/2021, 09:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pandemi saat ini membuat semua orang harus melakukan segala aktivitas di dalam rumah, termasuk bekerja. Dengan demikian, ruang kerja di rumah harus didesain senyaman mungkin.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (22/3/2021), peningkatan cerdas seperti memaksimalkan gaya dan fungsi, dapat memberikan nuansa yang berbeda di dalam ruangan kerja.

Berikut beberapa cara untuk menjadikan ruang kerja di rumah menjadi lebih nyaman.

Baca juga: Ciptakan Ruang Kerja yang Lebih Tenang dengan Kantor Taman

Kurangi stres dengan tanaman

Hanya satu tanaman hias kecil di meja kerja Anda dapat membantu mengurangi stres dan bahkan mendorong untuk menjaga udara tetap bersih. Hiasi ruang kerja Anda dengan tanaman hias untuk tekstur dan warna yang segar.

Pilihlah lantai yang mendukung

Karpet bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjadi alas di dalam ruangan kerja Anda, dan juga bisa menjadi bantalan di bawah kaki. Untuk peningkatan yang lebih signifikan, pertimbangkan untuk memasang lantai gabus.

Gunakan partisi

Partisi ruangan adalah cara mudah untuk memisahkan ruang kerja dari ruangan yang lebih besar, menyembunyikan kekacauan, dan menyajikan latar belakang yang tidak terlalu mengganggu untuk rapat virtual.

Untuk solusi yang lebih permanen, rak buku berdiri atau penyimpanan kubus dapat membagi ruangan sekaligus menyediakan banyak ruang untuk perlengkapan kantor.

Baca juga: Mengenal Cloffice, Tren Ruang Kerja Minimalis Menggunakan Lemari

Gantung karya seni

Menambahkan karya seni ke ruang kerja di rumah memiliki manfaat pribadi dan profesional. Beberapa bagian yang dipilih dengan cermat dapat menghasilkan pembaruan kantor cepat yang membantu Anda merasa lebih termotivasi dan produktif.

Menambahkan citra yang menarik secara visual atau objek dekoratif di dekat komputer Anda dan di sekitar meja tempat bekerja juga dapat membuat mata rehat sejenak di sela-sela bekerja.

Tingkatkan pencahayaan

Jika ruang kerja Anda awalnya tidak ditetapkan sebagai kantor, Anda mungkin kekurangan pencahayaan yang memadai. Idealnya, kantor rumah Anda harus memiliki cahaya alami serta pencahayaan ruang kerja, yang memberikan pencahayaan terfokus ke area tertentu, dan pencahayaan ambien.

Saat memilih pencahayaan ruang kerja, pertimbangkan lampu meja yang dapat disesuaikan dengan berbagai suhu warna.

Studi menunjukkan bahwa cahaya yang lebih hangat (lebih condong ke kuning) meningkatkan kreativitas, sedangkan cahaya yang lebih dingin (bayangan biru) meningkatkan konsentrasi. Bahkan terdapat bukti bahwa pencahayaan dapat berperan dalam pengambilan keputusan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com