Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2021, 13:58 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Housepedia

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah membeli rumah baru dan pindah, sebagian besar pemilik baru tentu ingin segera mengisinya dengan furnitur baru untuk mengisi kamar yang kosong.

Meskipun furnitur dan barang yang dipajang di showroom tampak bagus, belum tentu itu akan tampak bagus jika diletakkan dalam rumah.

Untuk itu, sebelum membeli furnitur ada baiknya kamu memperhatikan tujuh tips membeli furnitur yang tepat untuk rumah baru seperti dilansir dari Housepedia, Minggu (14/3/2021).

Baca juga: Ingin Memilih Furnitur Luar Ruangan? Perhatikan Hal Ini

1. Anggaran

Menentukan anggaran adalah langkah pertama, sebelum pergi ke toko furnitur. Selanjutnya, tentukan berapa banyak barang yang akan dibeli, dengan memprioritaskan barang yang paling dibutuhkan.

Setelah berbelanja sedikit, lihat apakah kamu perlu menyesuaikannya berdasarkan preferensimu, dan menambahkan sedikit tambahan untuk biaya pengiriman dan mungkin pemasangan.

Dengan menyiapkan anggaran, ini juga akan membantumu agar tak berbelanja terlalu boros.

2. Ukuran

Luangkan waktu untuk menggambar ruangan sesuai ukuran, kemudian ukur furnitur yang kamu suka dari situs web atau katalog, dan gambarlah furnitur tersebut untuk memvisualisasikan kesesuaiannya.

Atau, gunakan selotip untuk menandai dimensi di lantai dan sisa ruang untuk berjalan di sekitar furnitur. Pastikan untuk menyediakan ruang berjalan sepanjang 1 meter antara dinding dan furnitur untuk jalur utama. Ukur pintu masuk dan tangga untuk memastikan potongannya pas saat dikirim.

Baca juga: Mengenal HPL, Lapisan Finishing untuk Furnitur Berbahan Kayu

3. Bahan hasil akhir yang keras

Bagaimana memilih jenis atau kayu yang tepat? Kamu bisa menyesuaikannya dengan bagaimana ruangan di rumah akan di desain.

Jika memungkinkan, bawa pulang contoh showroom. Pemilihan material juga harus memperhitungkan penggunaan. Meja dapur yang digunakan setiap hari tidak akan mudah pecah atau tergores dan membutuhkan kayu yang lebih keras.

4. Kain

Kain yang dipilih tergantung di mana dia akan digunakan. Misalnya, kain gorden tidak sama dengan yang akan gunakan di sofa.

Kain untuk seprai juga tentu berbeda, kamu bsia memilih kain yang lembut setiap kali disentuh, namun juga awet.

Juga, tanyakan tentang noda dan tahan air, serta tips membersihkannya, terutama jika kamu memiliki hewan peliharaan atau anak-anak.

Halaman:
Sumber Housepedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com