Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengurangi Bau Menyengat di Tempat Sampah agar Tak Mengganggu

Kompas.com - 06/03/2021, 19:23 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Digunakan sebagai wadah untuk meletakkan segala macam sampah, sangat jelas kalau tempat sampah menjadi benda yang menghadirkan bau tidak sedap, yang bisa menusuk hidung.

Siapapun tidak bisa mengharapkan tempat sampah berbau harum seperti mawar. Namun, kamu masih bisa untuk mencegah dan mengurangi bau dari tempat sampah agar tidak menyebar ke seluruh penjuru rumah.

Saat kamu membuka tempat sampah untuk membuang sesuatu, bau menyengat yang menyebar ke mana-mana mungkin membuatmu terpaksa menutup hidung.

Baca juga: Hilangkan Bau Tempat Sampah dengan Bahan-bahan Ini

Agar bau yang dihasilkan dari tempat sampah tidak membuatmu pusing dan terganggu, ada beberapa cara untuk meminimalisir bau dari tempat sampah.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (6/3/2021), berikut ini berbagai cara untuk mengurangi bau yang timbul dari tempat sampah.

1. Masukkan bola naftalena (kamper)

Untuk mengurangi bau sampah di tempat sampah, gunakan bola naftalena sebelum menutupinya dengan penutup. Bola naftalena terlalu kuat dan akan menyerap bau menyengat dari makanan busuk.

Jika kamu menggunakan penutup tempat sampah secara teratur, gunakan naftalena selama 1 minggu. Cuci tempat sampah sekali atau 2 kali setiap minggu dan ganti dengan bola naftalena baru.

Baca juga: Menurut Feng Shui, Ini Tempat Terbaik Meletakkan Tempat Sampah di Rumah

2. Gunakan soda kue

Mencuci tempat sampah dengan soda kue adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kebersihan dan mencegah bau dari tempat sampah.

Kamu juga bisa menaburkan soda kue di sekitar tempat sampah karena akan menyerap semua bau busuk di seluruh isi dan sekitarnya.

Manfaat lainnya adalah membersihkan tempat sampah akan menjadi lebih mudah, karena soda kue membantu menghilangkan noda dengan mudah.

3. Pakai lembar pengering (dry sheet)

Menerapkan lembaran pengering di tempat sampah akan mencegah bau. Lembaran pengering adalah alat anti bau yang bagus untuk tempat sampahmu yang bau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com