Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Alat Pertukangan yang Wajib Dimiliki di Rumah

Kompas.com - 27/02/2021, 10:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya furnitur dan aksesori lainnya, namun ketika Anda menempati rumah baru, Anda harus memiliki alat pertukangan dasar rumah tangga.

Peralatan dasar ini berfungsi ketika dihadapi dengan kejadian tidak terduga, misalnya pintu kabinet dapur yang rusak, atau ketika ingin mengencangkan skrup pada kipas angin atau alat elektronik lainnya.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (27/2/2021) peralatan ini dapat Anda simpan di lemari, laci dapur paling bawah, atau di kotak peralatan khusus yang praktis. Yang paling penting adalah menyimpan semua peralatan ini di tempat yang mudah ditemukkan.

 

Baca juga: 5 Alat Pertukangan Dasar yang Harus Ada di Rumah

Lalu apa saja yang termasuk peralatan dasar rumah tangga ini? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pita meteran

Anda mungkin tidak berpikir Anda membutuhkannya, tetapi pita pengukur dapat digunakan untuk sebagian besar pekerjaan. Misalnya ketika Anda ingin mengukur seberapa besar lantai yang dilapisi oleh karpet, atau mengukur meja makan yang akan dilapisi taplak meja.

2. Obeng

Dua obeng dasar merupakan sebuah kebutuhan dan harus ada di dalam rumah. Pilih obeng pipih berkualitas baik dan obeng kembang berukuran sedang.

Namun, satu set obeng kecil akan berguna saat Anda perlu mengencangkan kacamata atau memperbaiki peralatan audio atau komputer.

Baca juga: Tips Aman Membersihkan Alat Elektronik di Rumah

3. Tang

Pilih bermacam-macam tang kecil dengan berbagai ukuran dan bentuk. Anda akan paling sering menggunakan tang runcing, tetapi memiliki tang yang tebal dan beralur untuk menghilangkan paku atau kawat jepit besar.

4. Palu

Palu merupakan salah satu peralatan dasar yang harus ada di dalam rumah, karena sering digunakan. Pastinya Anda pernah ingin menggantungkan karya seni atau foto dan memerlukan palu untuk menancapkan paku ke dinding, dan berbagai hal lainnya.

5. Tang Pegangan Vise

Alat ini menyerupai tang standar tetapi memiliki mekanisme pengunci yang dapat menggenggam dan menahan barang dengan erat.

Gunakan untuk memegang sekrup yang ingin Anda lepas atau gunakan dua sekrup untuk memelintir benda yang lengket. Ini memberikan pegangan bebas slip saat Anda membutuhkannya.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com