Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Bahaya, Jangan Pernah Lakukan 15 Hal ini di Dapur

Kompas.com - 19/02/2021, 11:59 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan ruang khusus yang menakjubkan, yang mana segala macam kelezatan makanan rumah yang kamu makan diciptakan dari tempat tersebut.

Meski begitu, dapur juga bisa menjadi tempat yang berbahaya, dari sesuatu yang jinak seperti makanan yang rusak hingga hasil yang lebih serius seperti luka bakar yang parah.

Pada sebuah dapur, umumnya terdapat permukaan yang panas dan benda tajam di sekelilingnya, dan segala sesuatunya bisa menjadi buruk jika seseorang tidak berhati-hati.

Baca juga: 12 Hal yang Tidak Harus Diletakkan di Atas Meja Dapur

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan di dapur, yang kebanyakan di antaranya berhubungan saat memasak.

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (19/2/2021), berikut ini 20 hal yang jangan pernah kamu lakukan di dapur rumahmu karena berdampak buruk.

1. Jangan pernah mencoba menangkap pisau yang jatuh

Saat pisau yang kamu gunakan untuk memotong bahan makanan tak sengaja terjatuh, jangan pernah mencoba atau usahakan untuk tidak refleks menangkap pisau yang jatuh.

Sebab, ada kemungkinan kamu malah menangkap bagian tajam pisau, dan kamu tahu akan bahayanya. Saat pisau terjatuh, biarkan dan mundur selangkah untuk memastikannya juga tidak jatuh ke kakimu.

Baca juga: Ingin Punya Dapur Minimalis? Lakukan 5 Kebiasaan Ini

2. Jangan tambahkan tepung kering atau tepung maizena ke cairan panas

Saat kamu memasukan tepung kering atau tepung maizena ke cairan panas, hal ini akan menyebabkan gumpalan yang sulit dihilangkan. Untuk bisa aman, tambahkan bahan-bahan kering seperti itu pada cairan yang didinginkan terlebih dahulu.

3. Jangan pernah menggunakan sarung tangan oven yang basah untuk memegang panci atau wajan panas

Saat kamu menggunakan sarung tangan oven yang basah untuk memegang panci atau wajan panas, itu mengakibatkan bahaya kecelakaan. Panas jauh lebih cepat berpindah melalui kain basah daripada kain kering.

4. Jangan meletakkan piring kaca panas di atas permukaan yang basah

Saat meletakkan piring kaca panas di atas permukaan yang basah atau wajan panas di atas meja kaca, ini akan pecah, dan membuat kekacauan besar (kecuali tentu saja itu kaca Pyrex yang dibuat untuk menahan panas).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com