Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2021, 09:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pemilik kucing mengakui jika kucing peliharaannya pernah kabur. Sebagian kucing akan kembali ke rumah dalam waktu beberapa hari, namun sebagian lagi hilang dan tidak kembali ke rumah.

Dilansir dari Pet Helpful, Selasa (16/2/2021), kebanyakan kucing berada dalam radius 1 mil dari rumah mereka ketika mereka hilang atau kabur dari rumah.

Lantas, apa yang menyebabkan kucing pergi dari rumah? ada banyak faktor yang membuat kucing kabur dari rumah mulai dari berburu, hingga mereka bereproduksi.

Baca juga: Kucing Berguling-Guling di Lantai dan Tanah, Pertanda Apa?

Jika kucing Anda menghilang atau mungkin kucing Anda sering menghilang dan kembali 2–3 hari kemudian, salah satu faktor yang disebutkan di atas mungkin menjadi alasan kucing Anda menghilang.

Berbagai faktor

Seringkali, kucing mengikuti rasa ingin tahunya sehingga menyebabkan kucing meninggalkan rumah. Jadi, jika kucing Anda secara alami berada di dalam-luar ruangan, ada kemungkinan besar dia telah menemukan sesuatu yang menarik perhatiannya atau terjebak dalam hal-hal berikut:

Reproduksi: mereka keluar rumah dengan alasan bereproduksi.

Berburu: tikus atau mangsa lain yang jumlahnya banyak mungkin telah memikat kucing Anda untuk bertindak berdasarkan naluri alaminya.

Baca juga: Simak, 10 Cara Merawat Anak Kucing

Cedera atau kematian: kucing Anda mungkin tertabrak mobil atau mungkin terluka atau beberapa kucing menelan hewan pengerat yang telah diracuni rodentisida.

Gangguan: hewan atau orang baru dalam rumah, renovasi, perubahan besar, lingkungan tidak stabil

Namun, yang harus diketahui adalah beberapa kucing peliharaan datang dan pergi sesuka mereka. Ini adalah perilaku normal.

Jika kucing Anda telah divaksinasi lengkap, Anda dapat membiarkannya selama satu hari atau lebih sebelum melanjutkan pencarian Anda. Jika tidak, panggil kucing Anda setiap 5 menit. Beri jarak untuk setiap setengah jam dan setiap 2 sampai 3 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com