Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Sederhana agar Rumah Tetap Rapi dan Teratur

Kompas.com - 15/02/2021, 16:18 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com — Setiap orang tentu ingin rumahnya tetap bersih dan teratur. Satu-satunya cara adalah membuat semua barang-barang terorganisir dan dikembalikan di tempatnya.

Namun hal ini seringkali sulit dilakukan. Terlebih jika dalam satu rumah kamu memiliki keluarga besar yang masing-masing sibuk bekerja dan belajar. Rumah semakin terbengkalai dan tak teratur.

Dilansir dari My Domaine, Senin (15/2/2021), berikut adala lima tips dari Joanna Wirick, profesional dan pengatur rumah di Omaha, Nebraska, AS agar rumah tetap teratur.

Baca juga: 3 Hal yang Harus Dilakukan agar Rumah Rapi Sepanjang Hari

1. Mulai dengan perlahan

Studi menunjukkan sekitar 80 persen resolusi Tahun Baru gagal pada akhir Februari. Apakah misi mu untuk membuat rumah lebih rapi dan terorganisir adalah bagian dari tahun baru, mungkin akan sulit untuk mewujudkannya.

“Salah satu alasan tujuan aspiratif yang besar seperti, 'Saya akan (lebih) terorganisir tahun ini!' Cepat tersingkir adalah karena tujuan itu terlalu luas," jelas Wirick.

“Kita perlu memecah aspirasi itu menjadi tujuan yang lebih kecil, seperti melipat cucian dan menyimpannya setiap kali cucian selesai, atau meletakkan dompet dan kunci di keranjang khusus ini setiap kali kamu pulang,” imbuhnya.

Untuk membuat tujuanmu terwujud, cobalah untuk mengerjakan proyek baru setiap minggu.

Baca juga: 6 Cara agar Dapur Tetap Tertata Rapi

Misalnya, kamu bisa merapikan lemari dapur di minggu pertama dan membersihkan lemari di minggu berikutnya. Hingga semua berhasil terkorganisir dengan baik.

2. Buat semua anggota keluarga terlibat

Mengatur rumah tidak ada artinya tanpa keterlibatan seluruh anggota keluarga. Untuk itu dibutuhkan sistem dan aturan yang bisa kamu terapkan untuk bisa dipatui oleh semua anggota keluarga.

“Setiap orang harus berada pada halaman yang sama dengan ekspektasi pengorganisasian yang kamu miliki dan ke mana tujuan item tertentu,” kata Wirick.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber My Domaine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com