Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2021, 15:46 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menyiram, memberikan pupuk, serta memerhatikan paparan sinar matahari dan hama, cara agar tanaman tetap sehat ada dengan mengganti pot

Dilansir dari Gardening Know How, Jumat (12/2/21) mengganti pot sebaiknya dilakukan sesekali agar tanaman tetap sehat. Lantas, bagaimana cara merepoting tanaman? Simak ulasan berikut ini.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mengganti pot tanaman adalah sebaiknya gunakan kombinasi pot tanah liat dan kompos berbahan dasar gambut.

 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mengganti Tanah pada Pot Tanaman?

Kemudian, rendam pot tanah liat selama sehari sebelum digunakan agar pot tidak mengeluarkan air dari kompos.

Pot tersedia dalam berbagai ukuran, tetapi biasanya dibutuhkan empat atau lima pot ukuran yang berbeda. Ukuran yang paling umum digunakan adalah 6 cm, cm, 13 cm, 18 cm, dan 25 cm. Berikan ruang yang cukup antara tepi pot dan permukaan kompos, untuk menampung lebih banyak air.

Jika salah satu tanaman hias Anda berada dalam pot besar dan tidak dapat dipindahkan, Anda harus membuang 25 sampai 36 mm (1 sampai 1,5 inci) bagian atas kompos lama dan menggantinya dengan kompos baru.

Pastikan akar tanaman tidak rusak, dan sisakan celah antara bagian atas kompos dan tepi pot agar tanaman mudah disiram.

Baca juga: Simak, Tips Memilih Pot yang Tepat untuk Tanaman

Langkah mengganti pot

Pertama, sirami tanaman sehari sebelum Anda berencana merepotingnya. Kemudian, letakkan jari Anda di atas bola akar dan balikkan pot.

Ketuk tepi pot pada permukaan yang kokoh. Jika bola akar menolak, gunakan pisau di antara pot dan bola akar untuk melonggarkan akarnya.

Selanjutnya, periksa akar dan keluarkan kuali dari pangkal bola akar saat merepoting tanaman hias ke dalam pot tanah liat.

Setelah itu, pilih pot bersih yang sedikit lebih besar dari yang baru saja Anda pindahkan biasanya pot yang dibutuhkan lebih besar daripada sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com