Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bersihkan Rumah Setelah Anggota Keluarga Sembuh dari Penyakit Menular

Kompas.com - 06/02/2021, 17:14 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika salah satu anggota keluarga menderita penyakit menular seperti pilek, flu atau penyakit lainnya, hal utama yang harus dilakukan adalah mencegah agar anggota keluarga yang lain tidak tertular.

Untuk itu kamu diminta agar rajin mencuci tangan dan membersihkan rumah supaya virus tidak bisa bertahan lama dan menginfeksi anggota keluarga yang lain.

Karena, virus bisa bertahan hidup di permukaan, bahkan hingga berminggu-minggu. Maka dari itu, penting untuk membersihkan rumah dengan benar jika salah satu anggota keluarga ada yang sakit, atau baru sembuh dari sakit.

Baca juga: 9 Cara agar Tidak Malas Membersihkan Rumah

Berikut adalah tips membersihkan rumah, usai salah satu anggota keluarga sakit, seperti dikutip dari The Spruce, Sabtu (6/2/2021).

1. Alat bersih-bersih

Air biasa dan pembersih ringan sering kali tidak akan berhasil saat membunuh virus, bakteri, dan kuman lainnya.

Kamu harus menggunakan disinfektan, mengikuti petunjuk produk, dan memberikan waktu agar cairan bekerja membunuh virus, karena langsung menyeka permukaan setelah diberi cairan disinfektan mungkin tak akan cukup membunuh virus.

Untuk pembersih disinfektan buatan sendiri, lakukan hal berikut. 

  • Gunakan pemutih pakaian yang mengandung 5 hingga 9 persen natrium hipoklorit, campurkan sepertiga cangkir pemutih per 1 galon air suhu ruangan (atau 4 sendok teh pemutih per 1 liter air suhu kamar).
  • Campur larutan baru setiap hari karena pemutih klorin dapat kehilangan sifat pembersihannya saat terkena udara dalam waktu lama.
  • Saat menggunakan pembersihan, ikuti petunjuk label.

Baca juga: Ternyata, Ini 8 Manfaat Membersihkan Rumah untuk Kesehatan

Untuk larutan air pemutih buatan sendiri, celupkan kain putih bersih atau tisu dapur ke dalam larutan, dan oleskan ke permukaan yang perlu dibersihkan.

Biarkan selama minimal tiga menit, lalu bilas permukaannya dengan air biasa. Larutan pemutih juga dapat diaplikasikan dengan botol semprot.

Buang tisu dapur setelah kamu selesai mengelap permukaan, atau cuci kain lap setelah digunakan.

Spons sebaiknya tidak digunakan untuk membersihkan karena bisa menampung bakteri di celah-celah. Untuk barang dengan celah kecil, seperti remote dan keyboard komputer, kamu dapat menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam disinfektan untuk masuk ke area yang sempit.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com