Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendesain Ruangan agar Mudah Dibersihkan

Kompas.com - 03/02/2021, 12:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuan dari mendekorasi rumah adalah membuat ruangan semakin nyaman, indah, dan sesuai dengan keinginan sang pemilik.

Namun, di balik itu semua, sebenarnya ada hal yang tak kalah penting, yakni mendekorasi rumah agar mudah dibersihkan dan selalu terlihat rapi dan bersih.

Dilansir dari Real Simple, Rabu (3/2/2021), ada beberapa cara untuk mendekorasi agar rumah terlihat lebih rapi serta mudah dibersihkan dengan memerhatikan pemilihan furnitur hingga pewarnaan.

Baca juga: Kebiasaan Buruk dalam Pekerjaan Rumah Tangga yang Harus Dihentikan

Berikut 5 cara mendesain rumah agar tetap bersih dan mudah dibersihkan. 

Pilih furnitur yang tinggi 

Saat membeli sofa, meja samping, dan semua jenis furnitur, cari yang furnitur yang memiliki kaki yang tinggi. Bahkan solusi yang lebih baik yakni lemari yang menempel langsung ke dinding dan melayang dari tanah.

Dengan cara ini, Anda akan dapat dengan mudah menyedot atau menyapu bagian bawahnya.

Pilih cat yang tepat

Jika Anda memiliki hewan peliharaan atau anak kecil yang mungkin dapat mengotori dinding dengan krayon, hindari lapisan cat matte. Sebaliknya, pilih cat yang paling halus dan paling berkilau yang akan terlihat bagus.

Pada permukaan yang mengilap ini, kotoran bisa lebih mudah dibersihkan.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Dinding Sesuai Jenis Cat

Pilih sofa tahan lama

Pilih sofa yang mudah dibersihkan, salah satu pilihannya sofa kulit karena bisa langsung menglap atau menyedot tumpahan noda atau kotoran. Selain itu, pilihan lainnya adalah sofa kain, pilih sofa yang memiliki perawatan anti noda atau serat mikro tahan noda.

Pertimbangkan warna yang lebih gelap agar bisa menyembunyikan noda dengan baik.

Hindari rak terbuka

Rak terbuka mungkin terlihat menarik dan simpel, namun faktanya, rak terbuka ini menyimpan banyak debu dan sangat terlihat oleh mata. Untuk rutinitas pembersihan yang lebih cepat, tetap gunakan lemari kaca depan sehingga dapat menahan debu untuk masuk ke dalamnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com