Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2021, 11:44 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Tahun Baru Imlek akan segera tiba. Kamu yang merayakan tentu sudah mendekorasi rumah dengan ornamen imlek yang khas.

Sebenarnya, kamu masih memiliki pilihan lain untuk mendekorasi rumah selain dengan ornamen imlek, yakni, dengan menambahkan tanaman.

Terlebih, beberapa tanaman dipercaya mampu membawa keberuntungan di tahun baru ini. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Berikut adalah sepuluh rekomendasi tanaman yang dipercaya membawa keberuntungan menurut situs West Coast Garden yang dilansir, Rabu (3/2/2021). 

1. Bambu rejeki (Dracaena sanderiana)

Bambu rejeki yang sering menjadi hiasan saat Tahun Baru Imlek sebenarnya bukan berasal dari keluarga bambu, melainkan Dracaena.

Namun, batangnya yang berwarna hijau cerah memiliki penampilan seperti bambu dan dikatakan membawa keberuntungan selama Tahun Baru dan seterusnya.

Ada lima elemen yang membuat tanaman Lucky Bamboo semakin beruntung, yakni elemen tanah dari batu yang mengelilingi batang, elemen logam dari koin dekoratif, aksen berwarna emas atau pot logam, elemen air yang digunakan untuk menyirami tanaman,elemen api pita merah atau aksen merah lainnya dan tentu saja, elemen kayu dari tanaman bambu itu sendiri.

Baca juga: 10 Pilihan Tanaman Hias untuk Dekorasi Rumah Saat Tahun Baru Imlek

Ilustrasi tanaman hias pachira. PIXABAY/ACCOUNT_DELETED Ilustrasi tanaman hias pachira.

Tanaman khas Tahun Baru Imlek ini sangat mudah dirawat. Saat ditanam di air, cukup segarkan air setiap minggu dan pastikan akarnya tertutup.

Jika ditanam di tanah, ia perlu disiram ketika bagian atas tanah sudah mengering jika disentuh. Karena termasuk tanaman inddor, jauhkan bambu rejeki dari sinar matahari langsung.

2. Pohon uang atau kacang saba (Pachira aquatica)

Dianggap sebagai simbol kesuksesan finansial, tanaman pohon uang akan memberikan keindahan dalam ruangan kantor atau rumahmu sepanjang tahun, terutama di Tahun Baru Imlek.

Batangnya yang saling bertautan yang terlihat seperti anyaman dan daun hijau panjangnya menarik perhatian dan mudah dirawat.

Tempatkan tanaman dalam cahaya terang dan tidak langsung.

Hindari angin kencang dan usahakan untuk menjaga kelembaban udara tetap tinggi dengan rajin menyemprotnya atau dengan menempatkan pot di nampan kerikil dan air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com