Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2021, 13:36 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat ulang ruangan bisa menjadi solusi untuk membuat ruangan terlihat lebih cerah dan terang.

Namun, terkadang bau cat baru akan menganggu pernapasan dan menempel hingga waktu yang agak lama. Bahkan ketika cat sudah mengering, terkadang baunya pun masih bisa tercium.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (30/1/2021), ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan bau cat tersebut.

Baca juga: Simak, Ini Warna Cat yang Membuat Dinding Tampak Kusam

1. Baking soda

Baking soda atau soda kue dapat menyerap bau di lemari es atau di cucian, jadi gunakan soda kue untuk menangkap bau cat. Caranya tuang soda kue ke dalam mangkuk dan letakkan di sekeliling ruangan.

Setelah selesai mengecat tuangkan soda kue ke tempat sampah untuk menyegarkan dengan cepat. Jika bau cat masih tertinggal, taburkan sedikit soda kue di atas karpet dan furnitur berlapis kain dan biarkan semalaman, kemudian sedot bekas soda kue menggunakan vacuum cleaner.

2. Bawang

Cukup iris setidaknya dua bawang bombay ukuran sedang dan letakkan di piring di sekitar ruangan. Saat pekerjaan selesai, jangan gunakan ini untuk memasak karena sudah menyerap bau catnya.

3. Arang

Arang adalah penyerap bau yang sangat baik. Anda dapat membelinya dalam kantong kecil atau dengan cara dihancurkan ditempatkan di mangkuk di sekitar ruangan. Gunakan sisanya untuk membuat sachet menempel di sepatu yang bau.

Baca juga: Trik Menghilangkan Noda Cat pada Keramik

4. Air lemon

Air lemon akan menyerap bau cat dengan sendirinya, dengan menambahkan beberapa irisan lemon segar akan mengeluarkan aroma jeruk bersih yang bahkan lebih menyegarkan.

Air lemon membutuhkan waktu lebih lama untuk menyerap bau, jadi tinggalkan mangkuk berisi air lemon di dalam ruangan semalaman.

5. Cuka

Mangkuk kecil sekitar satu cangkir sari apel atau cuka putih suling akan menyerap bau cat tanpa menambahkan toksisitas tambahan ke udara. Letakkan semangkuk campuran tersebut di setiap sudut ruangan.

6. Ampas kopi

Mangkuk bubuk kopi kering tidak hanya akan menyerap bau cat, tetapi juga membuat ruangan beraroma kopi yang menyegarkan. Pastikan untuk membuangnya ke tempat sampah setelah Anda selesai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com