Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Memaksimalkan Penggunaan Panel Surya

Kompas.com - 26/01/2021, 17:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com - Manfaat terbesar dari memasang panel surya adalah dapat menghemat biaya listrik. Jika panel surya memiliki ukuran yang cukup besar, akan menghasilkan listrik yang cukup untuk seluruh rumah.

Dilansir dari Forbes UK, Selasa (26/1/2021), manfaat lainnya adalah akan mengurangi karbon yang dihasilkan. Sistem PV surya rumahan dapat menghemat sekitar 1,3 hingga 1,6 ton karbon per tahun.

Namun, agar panel surya bisa bekerja secara maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, sebagai berikut. 

Baca juga: Memasang Panel Surya di Rumah, Apa Manfaatnya?

Penggunaan Listrik di Siang Hari

Untuk memaksimalkan penggunaan panel surya, dianjurkan gunakan pada siang hari karena panel PV paling efektif di siang hari. Jadi, lakukanlah tugas-tugas rumah tangga yang membutuhkan listrik besar seperti mencuci pakaian, menyetrika baju, dan hal-hal lainnya yang memakan daya listrik yang banyak.

Sistem Terbaru

Jika Anda mampu, ada baiknya menggabungkan panel PV surya dengan teknologi terbarukan lainnya seperti pompa panas, panel termal, dan turbin angin.

Memasang Baterai Surya

Dengan memasang baterai surya atau sistem penyimpanan energi memungkinkan Anda menyimpan energi yang dihasilkan di siang hari untuk digunakan di malam hari, serta mengurangi kebutuhan untuk menggunakan listrik dari jaringan.

Kurangi Pemborosan Energi

Langkah-langkah seperti mematikan lampu saat tidak digunakan, menggunakan sedikit air, dan mengurangi kegiatan yang menghabiskan terlalu banyak energi bisa menghemat penggunaan listrik

Baca juga: Pipa Mampet hingga Listrik, Ini 5 Permasalahan Paling Umum di Rumah

Jaga Kebersihan Panel Surya

Penting untuk membersihkan panel surya secara teratur. Anda dapat membeli alat pembersih panel surya, atau Anda dapat memasang pembersih otomatis yang mirip dengan sistem penyiram. Atau, Anda dapat membayar perusahaan pembersih untuk membersihkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com