Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Beberapa Manfaat Lain Karet Gelang di Dapur

Kompas.com - 24/01/2021, 17:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan karet gelang di rumah sudah menjadi hal yang lumrah. Karet gelang memiliki berbagai manfaat, mulai dari menggabungkan tumpukan surat agar tak berantakan hingga melindungi kemasan makanan agar tidak mudah terbuka.

Namun, ada beberapa manfaat lain karet gelang yang barangkali selama ini tidak pernah Anda duga. Apa saja? Dilansir dari Real Simple, Minggu (24/1/2021), berikut uraiannya.

1. Membuka stoples dengan mudah

Merasa sangat kesulitan membuka tutup stoples baru? Karet gelang bisa membantu menyelamatkan otot bisep Anda.

Baca juga: Manfaat Air Bawang Putih untuk Tanaman, Bisa Usir Hama

Letakkan saja karet gelang di sekitar tutup stoples dan karet akan berfungsi sebagai pegangan tangan Anda, sehingga lebih mudah untuk dipelintir dan dilepas.

2. Membantu mengetahui isi tabung

Beberapa di antara kita memiliki tabung keramik buram yang indah berisi bahan makanan seperti tepung, garam, dan gula. Namun saat Anda terburu-buru mencoba menyusun daftar belanjaan, akan memakan waktu lama untuk memeriksa setiap tabung untuk melihat isi di dalamnya.

Letakkan karet gelang di sekeliling tabung dan gunakan untuk menandai tingkat kepenuhan isi di dalamnya. Lain kali Anda menggunakan tepung, gerakkan karet gelang ke tingkat yang baru di wadah.

Dengan cara ini Anda tahu berapa banyak yang tersedia hanya dengan pandangan sekilas.

Baca juga: 8 Manfaat Beras Selain Dijadikan Nasi

3. Mengatur pompa sabun cuci tangan

Kita semua lebih sering mencuci tangan semenjak ada pandemi virus corona. Tetapi mungkin botol sabun cuci tangan mengeluarkan terlalu banyak busa atau anak Anda terlalu antusias memencet pegangan sabun dan beberapa terbuang percuma.

Cukup tempelkan karet gelang di sekitar mekanisme pegas dispenser untuk mengurangi jumlah sabun yang bisa keluar.

4. Mencegah talenan tergelincir

Talenan, terutama yang terbuat dari kayu, cenderung mudah tergelincir di atas meja. Tempatkan karet gelang di setiap ujung papan untuk memberikan pegangan pada talenan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com