Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2021, 07:56 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Handy

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa menjadi salah satu furnitur di rumah yang sulit dibersihkan. Kamu tidak bisa membersihkannya ke mesin cuci, atau menyekanya dengan kain basah juga tidak akan membantumu.

Tumpahan minuman dan makanan serta noda akan sangat menghancurkan tampilan sofa, dan membuat orang merasa jijik melihatnya ketika kotor.

Meski begitu, sofa yang kotor dan tampak kumal oleh berbagai macam noda dan kotoran bisa saja untuk dibersihkan oleh dirimu sendiri, tak perlu menggunakan jasa pembersih sofa.

Baca juga: Simak, Panduan Memilih Warna Sofa

Ya, inilah waktunya belajar membersihkan sofa yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, dilansir dari Handy, Sabtu (16/1/2021).

1. Mulailah dengan vakum

Kebanyakan penyedot debu atau vacuum cleaner dilengkapi dengan fitur yang membantumu mengakses celah-celah kotor di sofa.

Mulailah dengan menghilangkan kotoran dan serpihan pasir atau tanah yang jatuh ke sofa. Pastikan kamu melepas bantalan sofa untuk mengakses kotoran di bingkai sofa.

2. Bersihkan apa yang kamu bisa

Kami tahu bahwa tisu tidak terlalu berhasil pada kain sofa itu sendiri, tetapi jika kamu memiliki bagian sofa yang terbuat dari kayu atau logam, bagian tersebut dapat dengan mudah dibersihkan dengan tisu, air hangat, dan sabun.

Baca juga: Kucing Suka Menggaruk Sofa? Begini Cara Mengatasinya

3. Periksa instruksi produsen

Bergantung pada jenis bahan pembuatan sofa yang kamu punya, produsen seharusnya telah meninggalkan petunjuk penting untuk membersihkan sofamu.

Periksa label di sofa untuk kode yang menjelaskan jenis metode yang dapat kamu gunakan di sofamu. Berikut cara mengartikan kode-kode itu.

W - Gunakan deterjen berbahan dasar air untuk membersihkan jok.

S - Gunakan hanya deterjen dry clean (bebas air).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Handy
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com