Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2021, 10:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang adalah salah satu ikan hias paling populer di dunia, karena pesona warna dan ekornya yang indah.

Ikan cupang pun relatif mudah dirawat, sehingga menjadi favorit banyak orang di dunia, karena cocok dipelihara di akuarium yang tidak terlalu besar.

Namun demikian, sayangnya ikan cupang juga merupakan salah satu ikan yang paling dieksploitasi. Berbagai macam gimik pemasaran dan kesimpangsiuran informasi memicu banyaknya mitos dan salah kaprah mengenai ikan ini.

Baca juga: 9 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Makan

Nah, berikut ada beberapa mitos tentang ikan cupang yang kerap kita dengar. Apa saja? Dilansir dari Pet Helpful, Rabu (13/1/2021), berikut beberapa di antaranya.

1. Ikan cupang lebih suka akuarium kecil

Faktanya, akuarium yang kecil akan lebih cepat terpolusi dan menjadi lingkungan yang buruk bagi ikan cupang atau ikan lainnya. Akuarium kecil dengan perawatan yang buruk akan berdampak pada stres, penyakit, dan kematian dini pada ikan.

Ikan cupang memiliki kemampuan yang lebih baik daripada kebanyakan ikan lainnya untuk bertahan hidup dalam lingkungan yang buruk. Itu karena ikan cupang adalah anabantid.

Ikan cupang memiliki organ khusus yang memungkinkan mereka untuk menghirup udara dari atas permukaan air dan bertahan untuk sementara waktu di genangan berlumpur rendah oksigen di alam liar.

Baca juga: Ikan Cupang Juga Bisa Terserang Penyakit TBC, Ini Gejalanya

Ini bukan cara yang ideal bagi ikan cupang untuk hidup. Kemampuan ini merupakan adaptasi evolusioner yang berfungsi untuk membawa mereka melewati kekeringan di habitat liar mereka di Asia Tenggara.

Disarankan untuk memelihara ikan cupang pada akuarium berkapasitas minimal 15 liter. Sama seperti ikan lainnya, ikan cupang membutuhkan ruang untuk berenang, ruang untuk tanaman dan dekorasi, dan tempat bersembunyi agar mereka merasa aman.

Pilih akuarium dengan ukuran yang tepat sehingga Anda dapat memberikan semua elemen yang diperlukan ikan cupang Anda.

2. Ikan cupang tidak membutuhkan filter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com