Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2021, 10:44 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan cupang tidak mau makan adalah salah satu permasalahan yang kerap dihadapi oleh banyak pemilik ikan cupang dalam proses merawatnya.

Saat ikan cupang yang kamu pelihara tidak mau makan, kamu pasti merasa khawatir dan mungkin merasa kalau mereka memiliki masalah.

Namun, dalam banyak kasus tidak ada yang perlu dikhawatirkan saat ikan cupang tidak mau makan, tapi dalam beberapa kasus itu bisa menjadi sesuatu yang lebih serius.

Baca juga: 5 Makanan Ini Bisa Bikin Warna Ikan Cupang Makin Cerah, Apa Saja?

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (11/1/2021), ketahui semua alasan mengapa ikan cupang tidak mau makan, berikut di antaranya.

1. Ikan cupang menjadi rewel

Dalam kebanyakan kasus, ini akan menjadi alasan mengapa ikan cupang yang kamu pelihara tidak mau makan. Jika kamu telah memberinya makanan jenis tertentu untuk sementara waktu dan kemudian menukarnya, mereka mungkin tidak menyukainya.

Cara untuk mengetahui apakah ini masalahnya adalah dengan memberinya makanan yang berbeda. Jika dia makan tanpa masalah, kemungkinan besar dia hanya cerewet.

2. Mereka tidak tahu itu makanan

Penyebab umum lainnya saat ikan cupang tidak mau makan, terutama jika dia baru mengenal akuarium adalah dia tidak tahu apa yang kamu berikan kepadanya adalah makanan.

Baca juga: Ikan Cupang Juga Bisa Terserang Penyakit TBC, Ini Gejalanya

Saat ikan cupang bersama pemiliknya, biasanya mereka hanya akan diberi makan campuran makanan hidup, beku, dan kering beku. Ini adalah diet terbaik yang bisa dimiliki ikan cupang karena itulah yang mereka makan di alam liar.

Masalahnya adalah begitu kamu mencoba memberi mereka pelet atau makanan beku, itu akan sangat asing bagi mereka sehingga mereka bahkan tidak akan menyadarinya.

3. Makanan dibekukan atau dikeringkan beku

Meskipun makanan beku dan kering beku baik untuk ikan cupang, beberapa tidak akan memakannya sampai dicairkan dengan benar.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com