Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2021, 17:12 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS - Tingkat kejahatan yang terus meningkat, khususnya di kota-kota besar terkadang bisa saja membuatmu dan keluarga merasa khawatir dari segala macam tindak kejahatan dan pencurian saat berada di rumah.

Meskipun sebuah rumah berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap penghuninya, kamu pasti ingin merasa lebih aman dan terjaga saat berada di dalamnya, karena bisa saja terjadi sebuah tindak kejahatan dan perampokan yang tak bakal disangka.

Agar kamu dan keluargamu merasa aman dan tenang saat berada di rumah, kamu harus bisa membuat rumahmu menjadi lebih aman.

Baca juga: 6 Alasan Perlu Memasang CCTV di Rumah

Meskipun tidak ada sistem keamanan rumah yang sempurna, namun banyak langkah yang akan menjaga rumahmu lebih aman dan mencegah pencuri.

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (4/1/2021), berikut ini beberapa cara untuk membuat rumahmu menjadi lebih aman.

1. Pasang sistem keamanan

Hal utama untuk meningkatkan keamanan di rumahmu adalah memasang sistem keamanan, contohnya CCTV. Memasang CCTV bisa saja membuat seseorang yang berniat melakukan kejahatan di rumahmu jadi berpikir dua kali.

Selain itu, banyak sistem keamanan khusus yang dipantau oleh perusahaan, yang secara otomatis akan mengirimkan polisi jika ada masalah.

Baca juga: 7 Tempat Terbaik untuk Memasang CCTV di Rumah

Menggunakan sistem keamanan yang dipantau mengharuskanmu membayar biaya bulanan dan mungkin memerlukan biaya di muka untuk memasang peralatan di rumahmu.

Sistem keamanan paling dasar hanya mengeluarkan suara keras jika ada masalah, tetapi sistem keamanan yang lebih baru akan memberi tahumu melalui pesan teks atau ponsel pintar jika ada masalah.

Sistem keamanan yang lebih canggih, baik yang dipantau maupun yang tidak, dilengkapi dengan kamera video dan peralatan khusus lainnya untuk membantu membuat rumahmu lebih aman.

2. Jangan meletakkan sesuatu yang berharga di luar rumah

Jika kamu tak ingin membuat rumahmu menjadi target pencuri, jangan simpan barang berharga di luar rumah, apalagi jika rumahmu tidak ada pagar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com