Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2021, 15:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan tanaman tidak akan terpengaruh dengan jenis pot yang menjadi wadah bertumbuhnya mereka.

Tanaman hanya membutuhkan ruang yang cukup untuk menyebarkan akarnya dan beberapa lubang drainase yang baik untuk memungkinkan kelebihan air yang mengalir.

Pot tersedia dalam berbagai bahan, seperti terakota, keramik, kayu, dan plastik. Pot terakota akan cenderung lebih cepat mengering daripada pot plastik atau keramik sehingga harus disiram lebih sering.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mengganti Tanah pada Pot Tanaman?

Jika Anda membeli pot terakota baru, dianjurkan untuk merendam dalam ember berisi air selama satu atau dua hari untuk melembabkannya sebelum diisi dengan tanah.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Sabtu (2/1/2021), beberapa pot plastik mungkin membutuhkan lubang drainase yang dibor di bagian bawah.

Lubang harus memiliki lebar setidaknya setengah iinci sebab lubang yang lebih kecil dapat menyumbat tanah dan mencegah air mengalir.

Agar tanaman dapat tumbuh subur di dalam pot dengan baik, beberapa faktor berikut harus diperhatikan. 

Baca juga: Simak, Tips Memilih Pot yang Tepat untuk Tanaman

1. Pilih tanah yang tepat

Isi wadah Anda dengan tanah pot komersial berkualitas. Jangan pernah menggunakan tanah langsung dari kebun karena bila kering akan mengeras dan menjadi massa yang kokoh.

Tanah pot yang berkualitas harus mencakup lumut gambut, kompos, perlit, vermikulit, dan/atau pupuk kandang yang membusuk.

2. Pilih tanaman yang sehat

Semua tanaman mungkin bisa ditanam di dalam wadah yang diinginkan, kebanyakan orang menyukai menanam bunga, sayuran, atau tumbuhan untuk diletakkan di teras, atau beranda rumah. Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah mengetahui tanaman yang dipilih dapat tumbuh baik di bawah sinar matahari atau dalam keadaan teduh. 

Selain itu, jangan mencampurkan tanaman yang membutuhkan sinar matahari dengan tanaman yang membutuhkan keteduhan dalam pot yang sama.

Seperti petunia, geranium, kalibrachoa, dan verbena yang menyukai sinar matahari dan beberapa tanaman tahunan yang baik untuk naungan termasuk begonia, caladium, impatiens, dan Torenia. Semua sayuran dan herba membutuhkan sinar matahari penuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com