Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2020, Okupansi Bulanan Penyedia Co-living Meningkat

Kompas.com - 22/12/2020, 19:48 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 di tahun 2020, Rukita, perusahaan coliving di Indonesia sukses menunjukkan performa bisnis yang positif dan juga meraih peningkatan kepuasan penghuni.

Keberhasilan 2 aspek itu dikarenakan kemampuan dalam beradaptasi untuk menghadirkan kualitas layanan yang semakin tinggi.

Pada 2021, Rukita akan berfokus pada ekspansi dan pengembangan layanan sehingga dapat memberikan pengalaman tinggal senyaman di rumah.

Baca juga: Dapat Pendanaan Seri A, Cove Bidik Jadi Penyedia Co-living Nomor 1 Asia Tenggara

Hunian coliving menjadi populer di kota-kota besar di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Sebagai alternatif baru, perkembangan bisnis hunian coliving mulai mengalami peningkatan di awal tahun 2020, terutama di Jakarta.

Menawarkan kenyamanan dengan harga terjangkau dan fasilitas yang lengkap, hunian coliving kini menjadi pilihan para milenial dan kaum urban.

Meski terdapat kekhawatiran, nyatanya kondisi pandemi yang terjadi sejak awal tahun tak menjadikan bisnis hunian coliving melemah.

Pada kuartal III 2020, Rukita mencatat rata-rata pertumbuhan okupansi bulanan (MoM) di seluruh unit mencapai 20 persen. Sementara itu, jumlah penghuni baru bertumbuh hampir 2,5 kali lipat pada periode Juni-Oktober jika dibandingkan dengan periode Januari-Mei 2020.

Baca juga: Mengenal Co-living, Hunian Saling Berbagi yang Mengikat Kebersamaan

Pencapaian ini tak lepas dari rangkaian inisiatif new normal yang dihadirkan, seperti implementasi protokol kesehatan yang ketat, kehadiran Rukita Workpod, kolaborasi dengan sejumlah mitra kredibel, hingga virtual viewing bagi calon penghuni.

Di era new normal, Rukita juga mengalami peningkatan kepuasan penghuni secara keseluruhan yang menunjukkan keunggulan layanannya.

Berdasarkan hasil survei kepuasan pelanggan pada periode Juli-Oktober 2020, para penghuni puas dengan fasilitas dan layanan yang diberikan seperti keamanan, fasilitas kamar, koneksi internet, staf yang responsif, serta layanan kebersihan.

Sementara itu, kinerja positif tim repair & maintenance juga menjadi sorotan karena mayoritas permasalahan teknis dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com