Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2020, 12:31 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

JAKARTA, KOMPAS.com - Sangat tepat jika dikatakan bahwa dapur adalah identitas rumah. Apa yang kamu lakukan di dapur dan bagaimana keadaannya, sering kali menentukan keadaan rumah.

Dari sudut pandang ini, penting untuk memastikan bahwa dapur tetap bersih dan rapi. Hal lain yang perlu dipertimbangkan di sini adalah fakta bahwa dapur adalah tempat di mana sajian makanan di rumah berasal.

Jadi, jika kebersihan dan perawatan yang tepat pada dapur tidak dilakukan, ini akan menyebabkan banyak kontaminan masuk ke makanan yang dikonsumsi dan pada gilirannya memengaruhi kesehatan.

Baca juga: Hilangkan Bau di Kamar Mandi dengan Bumbu-bumbu Dapur Ini

Untuk itu ada 7 tips yang bisa memastikan bahwa kebersihan terjadi dapur rumahmu, dilansir dari Boldsky, Kamis, (10/12/2020).

1. Gunakan teh untuk bersihkan peralatan masak besi

Mungkin banyak orang yang tidak mengetahui bahwa teh dapat digunakan untuk tujuan lain, yakni menjadi bahan pembersih perabot masak besi.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah menyeduh teh dan air di panci atau perabot memasak besi lainnya di atas kompor.

Saat melakukannya, coba gunakan daun teh asli dan bukan teh celup yang mudah didapat. Teh mengandung sejumlah tanin yang menyulitkan minyak dan makanan menempel, yang pada gilirannya membuat pembersihan menjadi cepat dan mudah.

Baca juga: 7 Cara Menata Dapur Sempit agar Tampak Luas

Faktanya, jika kamu sudah lama tidak membersihkan dapur dan ternyata wastafelmu sangat kotor, kamu juga bisa menggunakan tips ini ke wastafel.

2. Gunakan baking powder

Zat-zat seperti baking powder atau soda kue memiliki umur simpan yang pendek. Meskipun disimpan di kulkas, tidak dimaksudkan untuk digunakan lebih dari 30 hari.

Saat kamu perlu membuang baking powder, praktikkan untuk membuangnya ke tempat sampah dan kemudian alirkan air ke atasnya. Jika hal ini dilakukan secara berkala setiap dua bulan sekali, maka dapat dipastikan tempat sampah tidak berbau.

Halaman:
Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com