Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2020, 18:17 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring kemajuan teknologi yang berkembang cepat, menggunakan kompor induksi menjadi pilihan bagi beberapa kalangan masyarakat, khususnya di perkotaan.

Kompor induksi merupakan kompor yang memungkinkan seseorang memasak tanpa menggunakan api yang menyala, melainkan energi listrik yang jadi sumber energi panas.

Energi panas di sini tidak muncul pada kompor induksi, tetapi menginduksi peralatan masak yang digunakan. Artinya yang menjadi panas adalah peralatan wadah masaknya, bukan kompor induksi.

Baca juga: Mau Memasak Pakai Kompor Induksi? Ini Keuntungannya

Kompor induksi memanfaatkan reaksi elektromagnetik antara kompor dengan alat masak atau wadahnya. Reaksi elektromangnetik menghasilkan panas pada alat masak, sehingga mematangkan makanan.

Dikutip dari beberapa sumber, Sabtu (28/11/2020), kompor induksi memiliki beberapa keunggulan yang perlu kamu ketahui, berikut di antaranya.

1. Memasak lebih cepat

Salah satu keunggulan yang paling luar biasa dari kompor induksi adalah begitu cepat memanaskan air.

Kompor ini dapat merebus air dalam beberapa menit. Oleh karena itu, kamu bisa memasak lebih cepat ketika menggunakan kompor induksi.

Baca juga: Apa Benar Kompor Tanam Lebih Baik? Ini Keunggulannya

2. Mengurangi konsumsi energi

Kompor induksi menawarkan efisiensi energi karena kompornya bekerja lebih cepat tanpa menciptakan api.

Kamu perlu menyalakan kompor untuk waktu yang lebih singkat. Dalam jangka panjang, kamu juga akan melihat perbedaan finansial.

3. Mudah dibersihkan

Karena panas dihasilkan dari dasar, kamu bisa segera membersihkan permukaan kompor induksi setelah selesai memasak dan tidak perlu menunggu kompor menjadi dingin. Ini menghemat banyak waktu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com