Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2020, 19:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka putih tidak hanya berguna sebagai bahan pelengkap masakan. Namun, cuka juga merupakan pembersih yang baik untuk menghilangkan kotoran, lemak, dan noda pada permukaan benda. 

"Untuk meja dapur dan sebagian besar permukaan benda di dapur, campuran cuka, air, dan sabun cuci piring dapat membersihkan noda yang paling kotor sekalipun," kata Jessica Samson, juru bicara The Maids, seperti dikutip dari Real Simple, Jumat (27/11/2020). 

Sabun cuci piring yang dicampur dengan cuka juga dapat membersihkan kerak sabun di shower, dinding kamar mandi, wastafel, bak mandi, serta kloset yang kotor. 

Baca juga: 10 Manfaat Cuka, Bersihkan Kamar Mandi hingga Bikin Bunga Tetap Segar

Cara mudah membuat larutan pembersih dengan cuka adalah campurkan cuka dan sabun cuci piring dengan perbandingan 1:1. Kemudian, Anda bisa melarutkannya dengan air. 

Anda juga bisa menggunakan cuka saja untuk membersihkan berbagai benda di dapur, yakni digunakan bersama spons, tisu dapur, atau lap. Ingat untuk selalu menggunakan sarung tangan, karena cuka dapat membuat kulit dan kuku iritasi.

Namun demikian, tidak semua benda dapat dibersihkan dengan cuka.

Jangan pernah menggunakan cuka untuk membersihkan permukaan marmer atau granit. Sebab, asam akan membuat permukaan marmer dan granit kehilangan kilaunya.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Saus dan Mayones di Karpet

Selain itu, hindari membersihkan pisau dengan cuka. Juga, hindari menggunakan cuka untuk membersihkan noda yang mengandung telur, sebab asam pada cuka akan bereaksi dengan telur, yang akan mengubah konsistensinya dan membuat noda lebih susah dibersihkan. 

Anda juga jangan menggunakan cuka untuk membersihkan permukaan furnitur kayu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com