Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2020, 19:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan sengatan listrik dari mesin cuci, menjadi hal yang tak jarang terjadi yang menimpa penggunanya saat hendak mencuci pakaian.

Mesin cuci yang menyetrum tentu bisa membuat was-was dan membahayakan siapapun karena berpotensi menyebakan hal yang tak diinginkan.

Karena mendapatkan setruman, tidak sedikit orang merasa penasaran dan bertanya kenapa mesin cuci miliknya bisa menyetrum.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas

Untuk itu, ketahui beberapa penyebab yang bisa membuat mesin cuci nyetrum, yang dilansir dari beberapa sumber, Jumat, (20/11/2020).

Penyebab umum mesin cuci menyetrum adalah usia pemakaiannya yang sudah lebih dari 2-3 tahun ke atas. Kondisi komponen dari mesin cuci yang berumur lama sudah tak lagi optimal.

Sebagai contoh, mesin cuci yang sudah lama bisa saja mengalami kebocoran pada kabel listrik yang mana bisa memberikan sengatan listrik ke pengguna mesin cuci.

Selain itu, motor dinamo yang telah lama digunakan bisa menimbulkan induksi listrik, yang pada akhirnya menyebabkan bodi mesin cuci menyetrum.

Baca juga: Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar? Ini 5 Penyebabnya

Namun, faktor usia pemakaian yang telah lama tidak hanya menjadi penyebab satu-satunya mesin cuci menyetrum. Di bawah ini ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat mesin cuci menyetrum.

1. Stop kontak untuk mesin cuci bermasalah

Stok kontak yang bermasalah bisa menyebabkan mesin cuci menyetrum dan hal ini sering terjadi. Jika stop kontak yang rusak maka kamu perlu menggantinya.

2. Pemasangan kabel grounding keliru

Tidak adanya kabel grounding atau pemasangannya keliru kerap menjadi penyebab mesin cuci menyetrum.

Grounding atau pentanahan adalah sistem pentanahan yang terpasang pada suatu instalasi listrik yang bekerja untuk meniadakan beda potensial dengan mengalirkan arus sisa dari kebocoran tegangan atau arus dari sambaran petir ke bumi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com