Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2020, 16:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beragam tanaman hias yang bisa dipilih untuk koleksi di dalam rumah maupun di luar ruangan, salah satunya tanaman anthurium.

Anthurium memiliki habitat asli di Amazon yang memiliki iklim tropis yakni iklim yang mirip dengan iklim di Indonesia. 

Tanaman ini tidak dapat menerima sinar matahari langsung, karena dapat membakar daunnya. Sebab itu, anthurium bisa tumbuh baik di dalam cahaya yang terang namun tidak langsung.

Baca juga: Tips Memilih Tanaman Hias untuk Ruangan

Hal ini juga disampaikan oleh Diana Nazir, seorang desainer interior yang merawat tanaman anthurium di rumahnya.

Diana sengaja memilih halaman samping rumah untuk meletakkan tanaman anthurium ini sebab tanaman ini tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung.

"Ini adalah area semi outdoor dan saya memilih tanaman anthurium karena komposisi ukurannya, ada yang 15 cm sampai panjang 1 meter hingga lebih. Dan bisa ditata lebih natural dan bebas sehingga bisa dapat konsep Urban Jungle-nya," ujar Diana dalam unggahan Instagram pada rangkaian acara festival tanaman hias Urban Jungle secara virtual, Sabtu (14/11/2020).

Karakter anthurium yang tidak memerlukan banyak sinar matahari, membuat Diana memilih tanaman ini, serta tanaman ini bisa bertahan hingga puluhan tahun.

 

Baca juga: Trik Padukan Furnitur dan Tanaman untuk Konsep Urban Jungle

"Anthurium ini bisa bertahan hingga 15 tahun bahkan ada yang 35 tahun. Jadi bisa menjadi investasi yang menarik," ungkap Diana.

Selain itu, jika ingin menanam Anthurium harus diperhatikan wadah atau potnya. Jika memang saat dibeli pot yang disediakan memiliki diameter yang agak terlalu kecil, sebaiknya ketika anthurium sudah bertumbuh bisa diganti atau dipindah ke pot yang lebih besar.

"Mungkin saat membeli tidak ada pot yang cukup besar, namun jika sudah berkembang sebaiknya pot atau wadahnya diganti," kata Diana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com