Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Rumah Sempit Terasa Lebih Luas? Ini Saran dari Arsitek

Kompas.com - 03/11/2020, 08:24 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah kecil bukan lagi menjadi persoalan bagi orang-orang yang menginginkan nuansa rumah yang terasa lega.

Sebab, rumah kecil dengan lahan yang sempit dan terbatas dapat diakali untuk terlihat lapang dan lebih menarik ditempati.

Menurut arsitek dan desainer interior Geo Living Studio, Eka Ferdiansyah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rumah yang kecil bisa terasa luas. Hal itu ia sampaikan kepada Kompas.com ketika dihubungi Kompas.com, Senin, (2/11/2020).

Baca juga: 5 Kesalahan Terbesar dalam Mendesain Rumah Kecil

"Pertama kalau membuat rumah kecil terasa luas bisa di perhatikan dari ruang keluarga. Ruang keluarga akan terlihat lebih maskulin apabila kita memilih material lantai yang lebih gelap. Itu akan memberikan kesan ruangan yang kecil bisa terlihat lebih besar," terang Eka.

Eka menyarankan agar ruang keluarga bisa sengaja dibuat menyatu dengan ruang makan. Hal ini bertujuan menghindari adanya sekat-sekat yang justru membuat ruangan di rumah menjadi sempit.

Selanjutnya, ia juga mengimbau untuk menghadirkan bukaan jendela yang besar yang bertujuan memaksimalkan ruang yang kecil menjadi terlihat luas.

"Untuk penerangan bisa pilih ambient lighting, yang akan membuat ruang menjadi rileks. Biasa digunakan di angka 3.000 Kelvin," tambahnya.

Baca juga: Nih, 3 Keuntungan Punya Rumah Kecil

Pemilihan cat dinding dalam ruang dikatakan Eka menjadi faktor lain untuk memaksimalkan ruang yang kecil menjadi luas.

Ia menyarankan untuk menggunakan warna-warna pastel, yang mana itu berfungsi untuk rasa nyaman dan luas.

Tak sampai di situ, nuansa rumah kecil yang terasa luas juga harus memerhatikan furniture. Dalam hal ini kita perlu membatasi penggunaan furnitur, pilih yang paling diperlukan.

"Pemilihan furnitur harus sesuai dengan fungsinya dan ditambah dengan aksen cermin agar ruangan terlihat lebih luas," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com