Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpang Siur Simbol Nazi Pasukan Ukraina, Sulitkan Posisi Dukungan

Kompas.com - 06/06/2023, 14:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

KYIV, KOMPAS.com - Sejak Rusia memulai invasi ke Ukraina pada Februari 2022, pemerintah Ukraina dan sekutu NATO telah memposting, kemudian diam-diam menghapus, tiga foto yang tampaknya tidak berbahaya dari umpan media sosial mereka.

Foto menampilkan seorang tentara berdiri dalam kelompok, yang lain beristirahat di parit dan seorang pekerja darurat berpose di depan sebuah truk.

Di setiap foto, orang-orang Ukraina berseragam mengenakan tambalan yang menampilkan simbol-simbol yang dibuat terkenal oleh Nazi Jerman dan sejak itu menjadi bagian dari ikonografi kelompok-kelompok kebencian sayap kanan.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-467 Serangan Rusia ke Ukraina: Muncul Pidato Palsu Putin, Grup Warger Tawan Tentara Rusia

Penghapusannya foto-foto itu menyoroti hubungan rumit militer Ukraina dengan citra Nazi, hubungan yang terjalin di bawah pendudukan Soviet dan Jerman selama Perang Dunia II.

Laporan New York Times menyebut, hubungan itu menjadi sangat rentan karena Presiden Rusia Vladimir Putin secara keliru menyatakan Ukraina sebagai negara Nazi, sebuah klaim yang dia gunakan untuk membenarkan invasi ilegalnya.

Ukraina telah bekerja selama bertahun-tahun melalui undang-undang dan restrukturisasi militer untuk membendung gerakan sayap kanan yang anggotanya dengan bangga mengenakan simbol yang mendalami sejarah Nazi dan mendukung pandangan yang memusuhi kaum kiri, gerakan LGBTQ, dan etnis minoritas.

Tetapi beberapa anggota kelompok ini telah berperang melawan Rusia sejak Kremlin secara ilegal mencaplok sebagian wilayah Crimea di Ukraina pada tahun 2014 dan sekarang menjadi bagian dari struktur militer yang lebih luas.

Beberapa dianggap sebagai pahlawan nasional,
bahkan sayap kanan tetap terpinggirkan secara politik.

Ikonografi kelompok-kelompok ini, termasuk tambalan tengkorak dan tulang bersilang yang dikenakan oleh penjaga kamp konsentrasi dan simbol yang dikenal sebagai Matahari Hitam, sekarang muncul secara teratur pada seragam tentara yang bertempur di garis depan, termasuk tentara yang mengatakan citra tersebut melambangkan kedaulatan dan kebanggaan Ukraina, bukan Nazisme.

Dalam jangka pendek, hal itu mengancam untuk memperkuat propaganda Putin dan memicu klaim palsunya bahwa Ukraina harus menghapus Nazifikasi--posisi yang mengabaikan fakta bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky adalah seorang Yahudi.

Baca juga: Belgia Minta Penjelasan Ukraina tentang Senjata yang Dipakai untuk Serang Wilayah Rusia

Secara lebih luas, ambivalensi Ukraina tentang simbol-simbol ini, dan kadang-kadang bahkan penerimaannya terhadapnya, berisiko memberikan kehidupan arus utama baru pada ikon-ikon yang telah menghabiskan lebih dari setengah abad untuk coba dihilangkan oleh Barat.

“Apa yang membuat saya khawatir, dalam konteks Ukraina, adalah bahwa orang-orang di Ukraina yang berada dalam posisi kepemimpinan, entah mereka tidak mau atau tidak mau mengakui dan memahami bagaimana simbol-simbol ini dilihat di luar Ukraina,” kata Michael Colborne, seorang peneliti di kelompok investigasi Bellingcat yang mempelajari sayap kanan internasional.

“Saya pikir orang Ukraina perlu semakin menyadari bahwa gambar-gambar ini melemahkan dukungan untuk negara tersebut," tambahnya.

Baca juga: Ukraina Terkini: Utusan Perdamaian Paus Fransiskus Menuju ke Kyiv, Ini Targetnya

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan bahwa, sebagai negara yang sangat menderita di bawah pendudukan Jerman, Ukraina menekankan bahwa Ukraina dengan tegas mengutuk segala manifestasi Nazisme.

Sejauh ini, citra tersebut tidak mengikis dukungan internasional untuk perang tersebut.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com