Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Peringkat 2 di Daftar Negara dengan Tingkat Kepercayaan Tertinggi

Kompas.com - 01/06/2023, 19:58 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei dari Edelman Trust Barometer 2023 menyebutkan, Indonesia berada di peringkat kedua dalam daftar negara dengan tingkat kepercayaan tinggi oleh masyarakatnya.

Indonesia naik satu peringkat dari posisinya pada 2022, dan kini berada tepat di bawah China dalam Trust Index.

Semua tipe perusahaan di Indonesia mendapat kepercayaan tinggi, baik swasta maupun publik dengan tingkat 80 persen, disusul perusahaan keluarga (78 persen), dan BUMN (69 persen).

Baca juga: Media Asing: Pencabutan Larangan Ekspor Pasir Laut Indonesia Untungkan Singapura

Adapun sektor perusahaan yang mendapat kepercayaan tertinggi adalah teknologi (93 persen), disusul otomotif (90 persen), telekomunikasi (90 persen), pendidikan (89 persen), serta makanan dan minuman (89 persen) di lima besar.

Sementara itu, kepercayaan terhadap pemberi kerja di Indonesia adalah yang tertinggi seluruh dunia yaitu 92 persen. Namun, semakin tinggi tingkat kepercayaan maka ekspektasi pegawai juga semakin besar.

Pemerintah di Indonesia turut mendapat kepercayaan cukup baik menurut survei ini yaitu 76 persen, tetapi kepercayaan pada para pemimpin di pemerintahan turun sedikit menjadi 66 persen.

Sektor lain yang mendapat kepercayaan tinggi adalah peneliti (87 persen), rekan kerja (83 persen), CEO (82 persen), warga di lingkungan tempat tinggal (78 persen), dan sesama rakyat Indonesia (77 persen).

Dengan demikian, semua institusi di Indonesia mendapat kepercayaan tinggi baik itu bisnis, pemerintah, media, maupun NGO (organisasi non-pemerintah).

Meski begitu, responden dalam survei ini memiliki kekhawatiran dalam sektor ekonomi seperti negara-negara lain, antara lain mengenai kehilangan pekerjaan (93 persen) dan inflasi (73 persen).

Baca juga: Pengamat Jelaskan Mengapa Sulit bagi Indonesia Bisa Damaikan Rusia-Ukraina

Survei Edelman Trust Barometer sudah dilakukan selama 23 tahun beruntun sejak 2001, dan yang terbaru mengambil sampel pada 1-28 November 2022.

Lebih dari 32.000 responden berpartisipasi dari 28 negara, dengan rata-rata sekitar 1.150 responden per negara.

Negara-negara yang disurvei antara lain Argentina, Australia, Brasil, China, Perancis, Jerman, Indonesia, Italia, Jepang, Malaysia, Singapura, Nigeria, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat.

Akan tetapi, Rusia yang berpartisipasi dalam survei 2007-2022 kali ini tidak ikut serta.

Laporan Edelman Trust Barometer 2023 selengkapnya dapat Anda baca di sini dan di sini.

Baca juga: Indonesia Gunakan ‘Diplomasi Diam-Diam’ untuk Bantu Selesaikan Krisis Myanmar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com