Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ron DeSantis Versus Trump, Persaingan Sengit Capres Partai Republik

Kompas.com - 25/05/2023, 15:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber

NEW YORK CITY, KOMPAS.com - Masuknya Ron DeSantis ke dalam perlombaan menuju Gedung Putih 2024 melawan mantan Presiden Donald Trump membuat bentrokan antara dua tokoh Partai Republik kian keruh.

Mantan gubernur Florida itu tampaknya berusaha untuk menggulingkan seorang pria yang telah mendominasi Republik selama tujuh tahun terakhir bertahun-tahun.

Trump, yang telah membuktikan dirinya sebagai calon terdepan untuk nominasi Partai Republik, telah menghabiskan waktu berbulan-bulan sejak dia meluncurkan kampanyenya sendiri.

Baca juga: Gubernur Florida Ron DeSantis Maju Jadi Capres AS 2024

DeSantis yang naik daun, telah lama dianggap sebagai penantangnya yang paling serius.

DeSantis sejauh ini telah mencoba untuk tetap berada di atas keributan, mengabaikan serangan Trump yang meningkat pada segala hal mulai dari catatan hingga kepribadiannya.

“Kampanye akan menjadi jauh lebih intens. Dia tidak bisa begitu saja meremehkan tagihan penandatanganan Tallahassee, ”kata ahli strategi Republik Alex Conant dari kubu DeSantis.

“Sekarang dia harus melakukan kampanye, menjawab pertanyaan media dan membalas lawan-lawannya," ungkapnya, seperti dilansir dari Associated Press.

Tapi DeSantis, selama serangkaian acara Rabu (24/5/2023) malam saat meluncurkan kampanyenya, hanya melakukan pukulan terselubung pada saingan utamanya tanpa menyebut namanya.

Ini adalah strategi yang mengingatkan pada tahun 2016, ketika pasukan saingan Trump dari Partai Republik gagal mengejar kandidat secara langsung karena takut mengasingkan pendukungnya dan berasumsi secara keliru bahwa melaju menjadi capres.

“Tidak ada pengganti untuk kemenangan. Kita harus mengakhiri budaya kalah yang menjangkiti Partai Republik dalam beberapa tahun terakhir,” kata DeSantis dalam debut Twitter Spaces yang terkendala kesulitan teknis.

Baca juga: Kampanye Trump Mendadak Sunyi Usai Ejek Gubernur Florida Ron DeSantis

“Kita harus melihat ke depan, bukan ke belakang,” tambahnya.

Dalam sebuah wawancara nanti dengan Fox News, DeSantis mengaku percaya semua kandidat harus berpartisipasi dalam debat utama Partai Republik yang direncanakan, yang diancam oleh Trump untuk diboikot.

"Tidak ada yang berhak atas apa pun di dunia ini," katanya.

Baca juga: Jelang Pilpres AS 2024, Trump Cerca Gubernur Florida Ron DeSantis

Peluncuran tersebut memperjelas bahwa, setidaknya untuk saat ini, DeSantis bermaksud menyerahkan pekerjaan kotor menyerang Trump kepada sekutunya, yang melihat celah yang akan mereka manfaatkan, terutama dalam kebijakan.

Sekarang dia secara resmi dalam perlombaan, yang didanai dengan baik siap. Timnya siap untuk mengintensifkan serangannya terhadap mantan presiden itu.

Mereka berencana untuk fokus pada perbedaan kebijakan antara kedua Republikan, membuat kasus bahwa Trump telah "berpihak ke kiri" pada beberapa masalah, terutama aborsi.

Baca juga: Pilpres AS 2024: 6 Republikan termasuk Trump Sudah Deklarasi, Siapa Menyusul?

“Kami akan memperkuat dia dan suaranya, dan bila perlu, kontras dengan mantan presiden. Tapi sekarang kontras itu benar-benar ada yang meluncur ke kiri dan ada yang bertarung, ”kata David Polyansky, penasihat senior PAC super pro-DeSantis Never Back Down.

Tim DeSantis yakin Trump sangat rentan dengan pemilih utama Partai Republik tentang aborsi.

Baca juga: Penyelidikan FBI Terkait Kolusi Trump-Rusia Gagal di Tengah Jalan

Meskipun mantan presiden menunjuk hakim Mahkamah Agung yang membatalkan Roe v Wade, dia telah memancing kemarahan para aktivis anti-aborsi dengan menolak mengatakan apakah dia mendukung larangan federal atas prosedur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com