Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direktur Lembaga Sains Rusia Dituduh Bocorkan Rahasia ke China

Kompas.com - 24/05/2023, 19:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

LONDON, KOMPAS.com - Direktur lembaga sains top Rusia, ditangkap karena dicurigai melakukan pengkhianatan bersama dengan dua ahli teknologi rudal hipersonik lainnya.

Dia dituduh membocorkan rahasia ke China, kata dua orang yang mengetahui kasus tersebut kepada Reuters.

Alexander Shiplyuk, kepala Siberia's Khristianovich Institute of Theoretical and Applied Mechanics (ITAM), diduga menyerahkan materi rahasia pada konferensi ilmiah di China pada 2017, kata sumber tersebut.

Baca juga: Kapan Ukraina Lakukan Serangan Balik ke Rusia?

Pria berusia 56 tahun itu mempertahankan ketidakbersalahannya dan menegaskan bahwa informasi yang dipermasalahkan tidak diklasifikasikan dan tersedia secara online secara bebas.

"Dia yakin dengan fakta bahwa informasi itu bukan rahasia, dan dia tidak bersalah," kata salah satu orang.

tuduhan terhadap direktur ITAM, yang ditangkap Agustus lalu, belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Koneksi China akan menjadikan Shiplyuk yang terbaru dari serangkaian ilmuwan Rusia yang telah ditangkap dalam beberapa tahun terakhir karena diduga mengkhianati rahasia ke Beijing.

Ditanya tentang tuduhan yang dihadapi para ahli ITAM serta tentang kasus pengkhianatan sebelumnya yang terkait dengan China, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan dinas keamanan mewaspadai kemungkinan kasus yang terkait dengan pengkhianatan terhadap ibu pertiwi.

"Ini adalah pekerjaan yang sangat penting," tambahnya. "Ini terjadi terus-menerus dan hampir tidak mungkin untuk membicarakan tren apa pun di sini."

Layanan keamanan FSB tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Baca juga: Belgorod di Perbatasan Rusia Diserang Drone Lagi, Ukraina Bantah Terlibat

Kementerian luar negeri China, ketika ditanya tentang tuduhan bahwa Beijing telah menargetkan ilmuwan Rusia untuk mendapatkan penelitian sensitif, mengatakan hubungan China-Rusia didasarkan pada non-blok, non-konfrontasi, dan non-target pihak ketiga.

“Ini pada dasarnya berbeda dari apa yang telah disatukan oleh beberapa aliansi militer dan intelijen berdasarkan mentalitas Perang Dingin mereka,” tambahnya.

Presiden Vladimir Putin telah berulang kali mengatakan bahwa Rusia adalah pemimpin dunia dalam rudal hipersonik, senjata mutakhir yang mampu membawa muatan hingga 10 kali kecepatan suara untuk menembus sistem pertahanan udara.

Baca juga: Pasukan Ukraina Berusaha Jebak Rusia di Bakhmut

Kasus-kasus ITAM, serta penangkapan sebelumnya karena pengkhianatan, menunjukkan bahwa Moskwa waspada akan kehilangan keunggulan teknologi apa pun, termasuk ke China, sekutu yang semakin bergantung pada dukungan politik dan perdagangan sejak meluncurkan invasi ke Ukraina 15 bulan lalu.

Tahun lalu, spesialis laser Dmitry Kolker ditangkap di Siberia atas tuduhan pengkhianatan, tetapi meninggal dua hari kemudian karena kanker.

Halaman:
Sumber Reuters

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com