Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belgorod di Perbatasan Rusia Diserang Drone Lagi, Ukraina Bantah Terlibat

Kompas.com - 24/05/2023, 17:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BELGOROD, KOMPAS.com - Wilayah Belgorod di Rusia selatan yang berbatasan dengan Ukraina, menjadi sasaran serangan banyak drone dalam semalam.

Serbuan drone ini terjadi setelah serangan bersenjata lainnya di wilayah itu dari Ukraina.

Gubernur Belgorod yaitu Vyacheslav Gladkov pada Rabu (24/5/2023) mengatakan, “Malam itu tidak sepenuhnya tenang. Ada sejumlah besar serangan drone."

Baca juga: Serangan Drone dari Ukraina Hantam Wilayah Perbatasan Rusia

"Sistem pertahanan udara menangani sebagian besar serangan itu,” lanjutnya dalam media sosial, dikutip dari kantor berita AFP.

“Yang terpenting tidak ada korban jiwa,” imbuhnya.

Pengumuman ini keluar sehari setelah Moskwa mengerahkan jet dan artileri untuk menghancurkan kelompok bersenjata yang menembus perbatasannya dari Ukraina.

Adapun Kremlin memerintahkan militernya untuk mencegah serangan terjadi berulang.

Anggota dari dua kelompok anti-Kremlin, Legiun Kebebasan Rusia dan Korps Sukarelawan Rusia, mengaku bertanggung jawab sedangkan Kyiv membantah keterlibatan Ukraina.

Baca juga:

Belgorod di wilayah perbatasan menjadi sasaran serangan sejak awal invasi Rusia ke Ukraina, tetapi pertempuran selama berhari-hari terkini adalah yang paling signifikan.

Gladkov mengatakan, rentetan serangan drone semalam merusak beberapa rumah pribadi, kantor, dan kendaraan. Tingkat kerusakan penuh masih dinilai.

Dia menambahkan bahwa pipa gas rusak di distrik Graivoron dan kebakaran kecil sedang terjadi.

Gladkov melanuutkan, beberapa pemukiman yang kehilangan listrik akibat pertempuran ini akan dipulihkan kembali alirannya pada akhir Rabu.

"Sembilan orang dirawat di rumah sakit: tiga dalam perawatan intensif kondisinya serius dan enam orang sudah di bangsal," imbuhnya, merujuk pada korban serangan drone di Belgorod.

Baca juga: AU Rusia Tak Sengaja Bom Kota Sendiri Pakai Jet Tempur Sukhoi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com