Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Manila Dukung Penyelenggaraan Indonesia Bazaar 2023

Kompas.com - 22/05/2023, 21:42 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

MANILA, KOMPAS.com - Indonesia Diaspora Network Chapter Philippines berkolaborasi dengan KBRI Manila telah menyelenggarakan kegiatan Indonesia Bazaar 2023 pada Kamis-Sabtu (18-20/5/2023).

Diadakan di halaman gedung kantor KBRI Manila, bazar tersebut dibuat dengan mengusung tema “Pesta Rasa Nusantara”. 

Dalam acara itu, sebanyak 30 stan bazar didirikan dengan menyajikan berbagai makanan, minuman, produk fashion, asesoris, serta produk retail Indonesia lainnya.

Baca juga: KBRI Manila: Anton Gobay Akui Beli Senpi Ilegal di Filipina untuk Dukung KKB Papua

Selama berlangsungnya bazar, beberapa kegiatan turut diadakan untuk bisa dinikmati para pengunjung.

Ini termasuk kontes photobooth, demo memasak, permainan seru, penampilan live band, sesi Zumba, dan seminar kesehatan serta skrining kesehatan gratis.

Indonesia Bazaar merupakan acara tahunan yang diinisiasi oleh Diaspora Indonesia di Manila sejak tahun 2017.

Dalam keterangan tertulis yang dikirim kepada Kompas.com, KBRI Manila menjelaskan bahwa acara tersebut memiliki tujuan menciptakan kesadaran bagi komunitas Indonesia di Filipina untuk mempromosikan berbagai produk ekspor, kuliner, dan budaya Tanah Air.

Indonesia Bazaar sempat terhenti pada 2020 akibat pandemi Covid-19 dan kemudian diselenggarakan kembali.

Indonesia Diaspora Network Chapter Philippines berkolaborasi dengan KBRI Manila menyelenggarakan kegiatan Indonesia Bazaar 2023 di halaman gedung kantor KBRI Manila pada Kamis-Sabtu (18-20/5/2023).KBRI Manila Indonesia Diaspora Network Chapter Philippines berkolaborasi dengan KBRI Manila menyelenggarakan kegiatan Indonesia Bazaar 2023 di halaman gedung kantor KBRI Manila pada Kamis-Sabtu (18-20/5/2023).

Indonesia Bazaar 2023 dibuka secara resmi oleh Duta Besar LBBP RI Manila bersama-sama dengan perwakilan Pemerintah Kota Makati City dan para undangan yang berasal dari perwakilan kedutaan negara ASEAN di Filipina, Kemlu Filipina, serta media massa lokal.

Duta Besar RI di Manila Agus Widjojo berharap lewat penyelenggaraan acara ini, diaspora Indonesia jadi memiliki kesempatan untuk mengembangkan kewirausahaan dan bisnisnya, sambil menjadi agen promosi Indonesia di Filipina.

KBRI Manila akan mendukung kegiatan diaspora Indonesia dalam mengoptimalkan dan memberdayakan potensi mereka.

Baca juga: Filipina Akan Cabut Lockdown Manila meski Kasus Covid-19 Naik 2 Kali Lipat

Dalam keterangannya, KBRI Manila malaporkan, Indonesia Bazaar 2023 didukung oleh PT Kalbe International, Glorious Dexa Mandaya. Inc, dan Vouno Trade And Marketing Services Corp. (Mayora).

Ketiga perusahaan Indonesia yang telah memberikan dukungannya bagi kegiatan ini merupakan perusahaan Indonesia yang telah berhasil memasuki dan memiliki pangsa besar besar di Filipina.

Kalbe International, anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk, masuk ke pasar Filipina dengan produk seperti Entrasol, Diabetasol, Fitbar, Extra Joss, dan lain-lain.

Selanjutnya, Glorious Dexa Mandaya. Inc mulai mengekspor ke Filipina pada 2004 dan mendirikan perusahaan pada tahun 2013.

Produk Dexa antara lain Stimuno, Disolf, Anerdic, Inbumin, dan Inlacin, saat ini diterima dengan baik dan tersedia secara luas di Filipina.

Mayora di bawah Vouno Trade and Marketing Services Corp. memasuki pasar Filipina pada 2007, dengan produknya seperti Kopiko, Teh Pucuk Harum, Le Minerale.

Superstar Wafer, Malkist Wafer, Beng-Beng. Produk-produk Indonesia ini banyak tersedia di supermarket dan minimarket di seluruh pelosok Filipina.

Diaspora Indonesia yang berpartisipasi dalam Bazaar 2023 antara lain Island Style, Indofun Mart, DWP, Almade, Arumanis, Kampoeng Indo PH, RH 1024, Rumah Makan Padang Huang Jia, Warung Pinoy, Tuahta, ICFood, Alyn's Kitchen, Kantin Idola Nusantara, Depot Selera, Rasa Baru, Gamita, Weywey & The Oven, Citra Minang, Indorasa, Happy Salad & Rolls, Indomarket Filipina dan Bakmi Nyonya. 

Baca juga: Khawatir Omicron, Filipina Perketat Aturan Karantina di Manila

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com