Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] PBB Peringatkan Periode Suhu Terpanas | Korban Selamat Jatuhnya Pesawat di Amazon

Kompas.com - 19/05/2023, 05:37 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

KOMPAS.com - Peringatan PBB akan periode suhu terpanas dalam lima tahun mendatang memuncaki daftar Populer Global Kamis (18/5/2023).

Ada pula kabar dari tanah Amazon, di mana insiden jatuhnya pesawat membuat otoritas terkait melakukan pencarian dan menemukan korban selamat.

Rangkuman berita selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Baca juga: Terjebak Macet di Motor, Wanita India Ngotot Keluarkan Laptop dan Bekerja

1. PBB Peringatkan 5 Tahun ke Depan Akan Jadi Periode Suhu Terpanas

PBB memperingatkan pada Rabu (17/5/2023), hampir pasti bahwa 2023-2027 akan menjadi periode lima tahun terhangat yang pernah tercatat, ketika gas rumah kaca dan El Nino bergabung membuat suhu melonjak.

"Ada kemungkinan 98 persen bahwa setidaknya satu dari lima tahun ke depan, dan periode lima tahun secara keseluruhan, akan menjadi rekor terpanas," kata Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), dikutip dari AFP.

WMO adalah badan khusus PBB yang menangani kerja sama antarbangsa di bidang meteorologi, hidrologi, dan yang berkaitan dengan sains kebumian sejak tahun 1873.

Baca Selengkapnya

Baca juga: Gara-gara Ular Merayap di Gardu, 16.000 Listrik Pelanggan di Texas Mati

2. 4 Anak Ditemukan Selamat di Amazon Setelah Pesawatnya Jatuh

Empat anak, termasuk bayi berusia 11 bulan, secara mengejutkan ditemukan masih hidup di Hutan Amazon Kolombia setelah pesawat yang mereka tumpangi jatuh lebih dari dua pekan lalu.

Presiden Kolombia Gustavo Petro pada Rabu (17/5/2023), menyatakan kegembiraan bagi negara setelah penemuan empat anak tersebut.

Petro membagikan berita itu di Twitter, dengan mengatakan bahwa anak-anak tersebut ditemukan setelah upaya pencarian yang sulit oleh militer

Baca Selengkapnya

Baca juga: UPDATE Kapal Ikan China Berisi 17 WNI Terbalik, 2 Mayat Ditemukan

3. 7 Negara Keluarkan Peringatan bagi Warganya yang akan Pergi ke AS

Setidaknya tujuh negara telah mengeluarkan peringatan kepada warganya yang berniat bepergian ke AS, dengan alasan masalah keamanan yang serius dalam beberapa tahun terakhir.

Selandia Baru, Kanada, Australia, Inggris, Perancis, Venezuela, dan Uruguay masing-masing mendesak tindakan pencegahan bagi para pelancong ketika mengunjungi AS, sebagian besar karena kekerasan senjata.

Pada akhir pekan pertama bulan Mei, delapan orang ditembak dan dibunuh di sebuah mall di daerah Dallas yang sibuk setelah seorang pria bersenjata berusia 33 tahun melepaskan tembakan, melukai sedikitnya tujuh orang lainnya sebelum ditembak mati polisi.

Baca Selengkapnya

Baca juga: PBB: Polusi Plastik Dapat Dikurangi Hingga 80 Persen pada 2040

4. Pemimpin Asia Berkumpul di China, Promosikan Persahabatan Abadi

Para kepala negara Asia Tengah berkumpul di kota bersejarah Xian di China pada Kamis (18/5/2023) untuk bertemu langsung dengan pemimpin China Xi Jinping.

Mereka menyegel janji persahabatan abadi, membuka jalan bagi pertemuan puncak yang diharapkan menghasilkan pakta regional dengan Beijing.

Pertemuan bilateral mengatur panggung untuk pertemuan kelompok pada hari Jumat (19/5/2023), pertemuan tatap muka pertama dari enam pemimpin, di mana Xi akan menyampaikan pidato "penting", menurut kementerian luar negeri China.

Baca juga: Kerusakan Iklim Picu Gelombang Panas di Asia Selatan, Sebabkan Suhu Tak Biasa

Baca Selengkapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com