Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Ukraina Terkini: Rusia Lancarkan Serangan Drone Iran di Odessa

Kompas.com - 20/04/2023, 13:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

ODESSA, KOMPAS.com - Rusia pada Rabu (19/4/2023) dini hari melancarkan serangan drone ke kota pelabuhan Odessa di Ukraina selatan, tetapi tidak ada laporan langsung tentang korban, kata pihak berwenang.

"Pada malam hari, musuh melakukan serangan dengan UAV jenis Shahed-136 di wilayah Odesaa," kata kepala administrasi militer distrik Odessa Yuriy Kruk di Telegram, dikutip dari kantor berita AFP.

Kruk melanjutkan, pertahanan udara Ukraina menghancurkan sebagian besar drone yang menyerang, tetapi beberapa infrastruktur sipil terkena dampaknya.

Baca juga: Ukraina Terkini: Pasutri Ditangkap, Dituduh Mata-mata Rusia di Odessa

"Menurut informasi awal, tidak ada korban jiwa. Tindakan sedang dilakukan untuk menahan kebakaran, unit Layanan Darurat Negara dan struktur lainnya sedang bekerja di tempat."

Shahed-136 adalah drone kecil buatan Iran yang dapat meledakkan diri sendiri dan bisa diprogram terbang otomatis ke satu set koordinat GPS dengan membawa bahan peledak.

Industri drone Rusia terkena sanksi internasional dan beberapa unitnya ditembak jatuh sejak awal perang, sehingga Moskwa mengimpor drone dari Iran.

Baca juga:

Pelabuhan Odessa di Laut Hitam adalah tujuan liburan favorit bagi banyak orang Ukraina dan Rusia sebelum Presiden Vladimir Putin mengerahkan pasukan pada Februari 2022.

Sejak dimulainya invasi, Odessa beberapa kali dibom oleh pasukan Rusia. Kota itu juga terkena serangan drone dua minggu lalu yang menyebabkan beberapa kerusakan.

Pada Januari 2023, UNESCO menetapkan pusat bersejarah Odessa sebagai situs Warisan Dunia dalam Bahaya.

Baca juga: Kota Wisata Odessa Mencoba Bertahan di Tengah Perang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com