Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Berusia 78 Tahun Rampok Bank 3 Kali dalam Hidupnya

Kompas.com - 11/04/2023, 21:46 WIB
BBC News Indonesia,
Aditya Jaya Iswara

Tim Redaksi

PLEASANT HILL, KOMPAS.com - Seorang perempuan berusia 78 tahun ditahan kepolisian setelah merampok sebuah bank di Missouri, Amerika Serikat. Aksinya kali ini adalah perampokan ketiga dalam hidupnya, kata polisi.

Bonnie Gooch masuk ke Goppert Financial Bank dan disebut menyerahkan catatan kepada teller berisi permintaan menyerahkan uang tunai ribuan dollar.

Dia juga meninggalkan catatan bertuliskan: "Terima kasih, maaf, saya tidak bermaksud menakut-nakuti Anda" sebelum pergi dengan uang tunai.

Baca juga: Denmark Setahun Tanpa Perampokan Bank Usai Warga Beralih Cashless

Gooch sekarang mendekam di penjara dengan jumlah uang jaminan sebesar 25.000 dollar AS (Rp 373,6 juta).

Aksi perampokan

Berdasarkan dokumen pengadilan yang diperoleh media the Kansas City Star, Gooch masuk ke bank pada Rabu (5/4/2023) lalu dengan mengenakan masker N95 hitam, kacamata hitam, dan sarung tangan plastik.

Dia menghampiri teller dan menyerahkan catatan bertuliskan, "Saya perlu 13.000 dalam pecahan kecil".

Rekaman video pengawas memperlihatkan Gooch menggebrak meja guna meminta teller menyerahkan uang dengan cepat, menurut keterangan jaksa penuntut umum.

Setelah mendapatkan uang tersebut, Gooch pergi menggunakan mobil Buick Enclave dengan nomor polisi bertanda khusus bagi kalangan difabel.

Para petugas dari Kepolisian Pleasant Hill Missouri menanggapi pengaduan perampokan sekitar pukul 15:20 waktu setempat. Mereka melacak keberadaan Gooch dan menemukan dia di dalam kendaraannya dengan mulut berbau alkohol serta uang tunai berserakan di lantai, kata jaksa penuntut.

Gooch ditangkap dan didakwa dengan tuduhan perampokan atau percobaan perampokan dari lembaga keuangan.

"Ketika petugas mendekatinya, mereka agak bingung ... Seorang perempuan tua kecil yang keluar," kata Kepala Polisi Pleasant Hill, Tommy Wright, kepada the Kansas City Star. "Awalnya kami tidak yakin bahwa kami menangkap orang yang tepat."

Namun, ini bukan kali pertama Gooch berurusan dengan hukum.

Baca juga: Silicon Valley Bank Bangkrut, Ini Dampaknya bagi China

Perampokan ketiga

Gooch pernah dua kali didakwa atas aksi perampokan.

Perampokan pertama terjadi di California pada 1977 dan berikutnya perampokan bank pada 2020. Saat itu dia dilaporkan menyerahkan kartu ulang tahun kepada teller yang bertuliskan "ini adalah perampokan".

Masa hukuman percobaan untuk perampokan yang dia lakukan tahun 2020 berakhir pada November 2021.

Wright mengatakan Gooch tidak mengidap penyakit yang "didiagnosis", tetapi karena usianya, kepolisian sedang mencoba untuk menentukan apakah ada faktor kesehatan yang mendorong insiden tersebut.

Baca juga: Bank Silicon Valley Bangkrut, Dana Nasabah Rp 2,7 Kuadriliun Nyangkut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com