Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Pulang Kampung Bawa 11 Kucing Pakai Motor, Tempuh Jarak 300 Km

Kompas.com - 26/03/2023, 22:06 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Pria bernama Chowong Samsen (65) di Thailand pulang kampung membawa 11 kucing peliharaannya menggunakan sepeda motor dan menempuh jarak 300 kilometer (km).

Paman Samsen, demikian dia biasa dipanggil, melakukan perjalanan dari ibu kota Bangkok ke kampung halamannya di provinsi Nakhon Ratchasima atau Korat.

Dikutip dari World of Buzz pada Minggu (26/3/2023) ini adalah kali pertama dia pulang kampung selama lebih dari 26 tahun.

Baca juga: Peringatan Valentine Unik, Nama Mantan Ditulis di Kotak Pasir Tempat Kotoran Kucing

RideApart/MSN melaporkan, kisah Paman Samsen viral di TikTok setelah beberapa penduduk setempat mengunggah video dia dan kucing-kucingnya di atas sepeda motor dalam perjalanan ke Korat.

Samsen menyebut kucing-kucingnya itu sebagai anak-anaknya. Dalam wawancara dengan stasiun tv Thailand Amarin TV, dia mengungkapkan tujuan kembali ke Korat agar kucingnya dapat mengunjungi tempat kelahirannya dan dia ingin berbisnis di pasar loak tahunan di sana.

Kembali ke Korat sebenarnya mengulang momen pahit Paman Samsen, karena dia sebelumnya adalah pemilik perusahaan konstruksi kecil yang sukses di kampung halamannya, tetapi bangkrut akibat krisis ekonomi pada tahun 1997.

Dengan modal hanya 300 baht atau sekitar Rp 134.400 dari kantongnya sendiri, dia berkeliling Thailand untuk mencari nafkah.

Baca juga: Kisah Wanita India yang Akhirnya Bisa Pulang Kampung ke Pakistan setelah 75 Tahun

Namun, setelah kembali ke Korat beberapa bulan kemudian, Paman Samsen diejek oleh penduduk setempat karena dulu orang kaya tetapi sekarang tak punya apa-apa.

Dia lalu pindah ke Bangkok, tidak memiliki rumah dan belum kembali ke Korat sampai perjalanan baru-baru ini.

Paman Samsen turut bercerita, saat dirinya menjadi tunawisma di Bangkok, kucing liar yang disebutnya mencintai tanpa syarat adalah satu-satunya hal yang menghiburnya.

Dia pun berjanji tidak pernah meninggalkan kucing-kucing itu meskipun kesulitan dan kadang-kadang melewatkan waktu makan mereka.

Paman Samsen kini mencari nafkah dengan menjual jimat dan pernak-pernik di pasar loak, serta menjual sampah ke pabrik daur ulang.

Komunitas online kini mengumpulkan dana untuk membeli Paman Samsen tempat di sepeda motornya agar dia dan kucingnya bisa tetap bersama dan berkeliling ke pasar.

Baca juga: Kucing Penumpang Lepas di Lorong United Airlines Saat Mengudara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com