Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Mertua Abby Choi Bisa Bebas jika Potongan Tubuh Lainnya Tidak Ditemukan

Kompas.com - 05/03/2023, 08:39 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

HONG KONG, KOMPAS.com - Media berbahasa Mandarin di Malaysia yaitu China Press dan Sin Chew melaporkan, mantan mertua Abby Choi bisa bebas jika potongan tubuh lainnya dari model Hong Kong yang dimutilasi itu tidak ditemukan dan mereka mengaku tidak bersalah.

Sejauh ini yang sudah ditemukan adalah kepala Abby Choi di panci sup berisi sayuran dan daging cincang, serta tubuh tanpa kepalanya di kulkas apartemen.

Polisi masih mencari bagian tubuh lainnya dan tangan dari model berusia 28 tahun itu.

Baca juga: Kronologi Pembunuhan Abby Choi dan 4 Terdakwanya, Mantan Suami hingga Mertua

Dikutip dari World of Buzz pada Rabu (1/3/2023), China Press dan Sin Chew melaporkan bahwa jika bagian tubuh Abby Choi lainnya tidak ditemukan, akan ada kekurangan bukti untuk menuntut mantan mertuanya atas pembunuhan.

Jika demikian dan mengaku tidak bersalah, maka Kwong Kau (63) mantan ayah mertua Abby Choi dan Lee (63) mantan ibu mertua Abby Choi dapat bebas dengan hukuman denda.

Di sisi lain, bagian tubuh Abby Choi yang ditemukan tidak banyak membantu penyelidikan, terutama yang sudah dimasak.

Ahli forensik mengatakan, DNA dapat dengan mudah hancur dalam suhu panas.

“Jika korban tidak dapat diidentifikasi, bagaimana bisa mengetahui identitas pembunuhnya?” kata ahli forensik yang juga membantah Abby Choi dimasak untuk dimakan.

Layar kereta di Hong Kong menampilkan berita pembunuhan model Abby Choi (28) pada Senin (27/2/2023). Sebanyak empat orang ditangkap atas kasus model Hong Kong dimutilasi ini.AFP/PETER PARKS Layar kereta di Hong Kong menampilkan berita pembunuhan model Abby Choi (28) pada Senin (27/2/2023). Sebanyak empat orang ditangkap atas kasus model Hong Kong dimutilasi ini.
Menurut Sin Chew, Kwong Kau yang merupakan eks kepala polisi di Hong Kong diduga mengetahui seluk-beluk sistem hukum di kota itu.

Ia disebut memutilasi Abby Choi dan menghilangkan bagian tubuhnya untuk mengganggu penyelidikan polisi.

Apabila tidak ada bukti meyakinkan, juri Hong Kong akan mengadili kasus ini sebagai pembunuhan tidak disengaja yang hukumannya relatif ringan.

Baca juga:

The Law Office of Stein & Markus menjelaskan, pembunuhan tidak disengaja (manslaughter) didefinisikan sebagai membunuh orang lain tanpa niat kesengajaan, sedangkan pembunuhan (murder) didefinisikan sebagai satu orang membunuh orang lain dengan niat jahat sebelumnya.

Menurut Channel News Asia, hingga 1 Maret 2023 polisi di Hong Kong belum menemukan sesuatu yang substansial. Mereka menemukan beberapa tulang, tetapi belum bisa disimpulkan apakah milik hewan atau manusia.

Mantan suami (Alex Kwong), mantan ayah mertua, mantan ipar laki-laki (Anthony), dan mantan ibu mertua Abby Choi saat ini berada dalam tahanan polisi. Mereka tidak akan dibebaskan dengan jaminan.

Kasus pembunhan Abby Choi akan diadili di persidangan pada 8 Mei 2023.

Baca juga: 4 Terdakwa Pembunuhan Abby Choi dan Deretan Kasusnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com