Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian akibat Gempa Suriah Capai Rp 77,95 Triliun

Kompas.com - 04/03/2023, 12:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

DAMASKUS, KOMPAS.com - Gempa Suriah pada 6 Februari 2023 menyebabkan kerugian fisik langsung senilai 5,1 miliar dollar AS (Rp 77,95 triliun), kata Bank Dunia pada Jumat (3/3/2023).

Bencana alam yang juga melanda Turkiye tersebut menghancurkan banyak kota dan menewaskan lebih dari 50.000 orang di kedua negara.

Jutaan orang membutuhkan bantuan mendesak berupa akomodasi dan perawatan medis.

Baca juga: Jumlah Korban Tewas Gempa Turkiye dan Suriah Tembus 50.000 Jiwa, 184 Orang Ditangkap

“Nilai kerusakan dan kehancuran saat ini diperkirakan sekitar 10 persen dari PDB,” kata Bank Dunia dalam perkiraan terbarunya, dikutip dari kantor berita AFP.

"Kerusakan yang meluas berdampak pada empat wilayah, tempat tinggal sekitar 10 juta penduduk Suriah," lanjut laporan itu.

Namun, Bank Dunia menambahkan, laporannya tidak mencakup dampak dan kerugian ekonomi yang lebih luas bagi Suriah seperti gangguan produksi atau bisnis.

Wilayah yang paling parah terkena dampak gempa Suriah adalah Aleppo--sekitar 45 persen kerusakan--diikuti Idlib dan Lattakia.

Gempa susulan pada 20 Februari 2023 menyebabkan kerusakan tambahan, dan gempa susulan yang berkelanjutan cenderung menambah perkiraan kerusakan dari waktu ke waktu, imbuh Bank Dunia.

Baca juga:

Kerusakan langsung pada bangunan tempat tinggal mencapai hampir setengah dari total, sementara kerusakan infrastruktur mencapai 18 persen dari total.

"Kerugian ini menambah kehancuran, penderitaan, dan kesulitan yang dialami rakyat Suriah selama bertahun-tahun," kata Jean-Christophe Carret, direktur negara Bank Dunia untuk departemen Timur Tengah.

"Bencana itu akan menyebabkan penurunan aktivitas ekonomi yang selanjutnya akan membebani prospek pertumbuhan Suriah," tambahnya.

Adapun untuk gempa Turkiye, Bank Dunia dalam penilaian terpisah pada bulan lalu memperkirakan bahwa kerusakan fisik langsungnya sebesar 34,2 miliar dollar AS (Rp 522,67 triliun).

Baca juga: Cara Bantuan Korban Gempa dari PBB Masuk Wilayah Pemberontak Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com