Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Penobatan Raja Charles III Ditulis Komposer Phantom of the Opera

Kompas.com - 19/02/2023, 12:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNA

LONDON, KOMPAS.com - Andrew Lloyd Webber, komposer Inggris yang menciptakan partitur untuk musikal blockbuster seperti Cats, The Phantom of the Opera dan Evita, telah menulis lagu untuk penobatan Raja Charles III.

Lagu ini mengadaptasi karya musik gereja, mendorong penyanyi membuat semacam "kegembiraan dalam kebisingan".

Karya Webber adalah salah satu dari banyak karya baru yang dipesan Charles untuk acara akbar yang berlangsung 6 Mei di Westminster Abbey.

Baca juga: Charles DB King, Peserta Pemilu Paling Curang dalam Sejarah

Dilansir dari CNA, lagu itu memakai lirik yang diadaptasi dari Mazmur: 98 dan dijadikan scorring khusus dengan paduan suara dan organ biara.

"Saya harap lagu kebangsaan ciptaan saya mencerminkan peristiwa yang menggembirakan ini," kata Webber dalam pernyataan yang disebarkan Istana Buckingham.

Program upacara penobatan raja mencakup musik lama dan komposisi baru karena istana berupaya memadukan unsur tradisional dan modern yang mencerminkan realitas Inggris modern.

Karya-karya baru digubah oleh seniman-seniman yang berasal dari keempat negara konstituen Britania Raya, serta di Persemakmuran dan negara-negara asing yang telah mengirim begitu banyak orang ke pantainya.

Semuanya mencakup karya William Byrd, George Frideric Handel, Edward Elgar,, Henry Walford Davies, William Walton, Hubert Parry dan Ralph Vaughan Williams.

Musik mereka telah ditampilkan dalam penobatan sebelumnya, bersama dengan karya dari komposer Welsh kontemporer Karl Jenkins.

Baca juga: Inilah Wujud Uang Kertas Baru Inggris dengan Wajah Raja Charles III

Ada pula karya baru dari Sarah Class, Nigel Hess, Paul Mealor, Tarik O'Regan, Roxanna Panufnik, Shirley J Thompson, Judith Weir, Roderick Williams dan Debbie Wiseman.

"Keputusan untuk menggabungkan yang lama dan yang baru mencerminkan luasnya budaya zaman di mana kita hidup," kata Andrew Nethsingha, organis dan master paduan suara di Westminster Abbey.

"Penobatan telah dilakukan di Westminster Abbey sejak 1066. Merupakan suatu kehormatan untuk berkolaborasi dengan Yang Mulia dalam memilih musisi yang bagus dan musik komunikatif yang dapat diakses untuk acara yang luar biasa ini," kata Nethsingha.

Secara keseluruhan, enam komisi orkestra, lima komisi paduan suara, dan satu komisi organ, yang mencakup genre klasik, sakral, film, televisi, dan teater musikal, diciptakan untuk penobatan.

Baca juga: Gitaris Queen Dapat Gelar Bangsawan dari Raja Charles III

Program ini juga akan mencakup sentuhan pribadi, termasuk penghargaan musik untuk mendiang ayah Charles, Pangeran Philip, yang terlahir sebagai pangeran Yunani.

Raja baru meminta musik Ortodoks Yunani, yang akan dibawakan oleh Bizantium Chant Ensemble.

Baca juga: Pesan Natal Raja Charles III Kemungkinan Tak Akan Singgung Skandal Harry-Meghan

Himne dengan paduan suara yang kuat, "God Save the King", juga akan dimainkan.

Lagu kebangsaan ini telah dimainkan sejak penobatan Raja George II pada tahun 1727.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNA

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com